Tautan-tautan Akses

Partai Republik akan Gelar Debat Kandidat Capres di Michigan


Debat kandidat capres AS dari partai Republik di The University of Houston, 25 Februari 2015 (Foto: dok). Dari kiri: Moderator Wolf Blitzer, Dokter Ben Carson, Senator Florida Marco Rubio, Pengusaha Donald Trump, Senator Texas Ted Cruz, dan Gubernur Ogio John Kasich.

Debat kandidat capres AS dari partai Republik di The University of Houston, 25 Februari 2015 (Foto: dok). Dari kiri: Moderator Wolf Blitzer, Dokter Ben Carson, Senator Florida Marco Rubio, Pengusaha Donald Trump, Senator Texas Ted Cruz, dan Gubernur Ogio John Kasich.

Dengan masih berlangsungnya kampanye di begitu banyak negara bagian dalam dua pekan mendatang, para kandidat telah mulai meningkatkan iklan mereka untuk membujuk para calon pemilih.

Donald Trump Hadapi Semakin Banyak Tentangan dari Partai Republik. Empat kandidat calon presiden yang tersisa dari Partai Republik akan mengikuti debat hari Kamis di Michigan, dengan kandidat terdepan Donald Trump mendapat momentum setelah menang dalam pemilihan pendahuluan di beberapa negara bagian tetapi menghadapi upaya-upaya baru untuk menghentikan kampanyenya.

Satu kelompok terdiri dari 60 pakar kebijakan luar negeri partai Republik menandatangani surat bersama yang dilansir Rabu malam berisi tentangan terhadap Trump. Surat itu menyebutkan Trump akan “bertindak dengan cara-cara yang membuat Amerika kurang aman, dan akan mengurangi reputasi Amerika di dunia.” Surat itu mencantumkan sejumlah keberatan, termasuk retorika anti-Muslim, dukungan bagi penggunaan penyiksaan, menganjurkan perang dagang dan bersikeras bahwa Meksiko akan membangun tembok perbatasan.

Di antara penandatangan surat itu terdapat mantan Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Michael Chertoff, mantan Presiden Bank Dunia dan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Robert Zoellick serta mantan pejabat tinggi Pentagon Dov Zakheim.

Sementara itu, tiga kelompok lain, Our Principles, American Future Fund dan Club for Growth, berencana mengeluarkan jutaan dolar dalam iklan baru yang menyerang Trump.

Conservative Solutions, suatu komite aksi politik yang mendukung Senator Florida Marco Rubio dan menentang Trump, telah menyisihkan 6 juta dolar untuk biaya iklan yang akan ditayangkan di Michigan, Florida serta di Illinois dan Missouri, dua negara bagian besar yang dalam waktu dekat akan mengadakan pemilihan pendahuluan.

Dengan masih berlangsungnya kampanye di begitu banyak negara bagian dalam dua pekan mendatang, para kandidat telah mulai meningkatkan iklan mereka untuk membujuk para calon pemilih. Sebelum pemilihan pendahuluan Super Tuesday di 11 negara bagian, iklan-iklan anti-Trump dari kalangan Republik hampir tiga kali lipat jumlah iklan yang mendukung Trump, dan perbandingan itu kemungkinan besar akan meningkat. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG