Tautan-tautan Akses

Partai Pro Kurdi Turki Mundur dari Parlemen


Partai pro Kurdi Turki, HDP, hari Minggu (6/11) mengumumkan menarik diri dari parlemen.

Partai pro Kurdi Turki, HDP, hari Minggu (6/11) mengumumkan menarik diri dari parlemen.

Partai pro Kurdi Turki hari Minggu (6/11) mengumumkan menarik diri dari parlemen setelah penangkapan tidak terduga terhadap sembilan anggota parlemennya termasuk dua pemimpin partai itu.

Perdana Menteri Turki Binali Yildrim mengimbau kepada Partai HDP dalam pidato di televisi untuk “kembali dari kesalahan sebelum terlambat” dan menambahkan mereka bisa saja mengatakan apa saja yang diinginkan, tetapi tidak ada politisi yang bisa bebas dari teror dan menyalah gunakan posisi mereka.”

Turki mendapat kecaman internasional hari Jumat (4/11) setelah penangkapan para pemimpin Partai HDP Selahattin Demirtas dan Figen Yuksekdag atas tuduhan-tuduhan terkait aksi teror bersama tujuh anggota parlemen lainnya.

Penangkapan itu juga meningkatkan keprihatinan diantara sekutu-sekutu Barat mengenai situasi demokrasi di Turki, anggota NATO yang ingin bergabung dengan Uni Eropa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari Minggu menuduh Eropa mendukung dan mempersenjatai Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang dan mengatakan ia tidak peduli jika Eropa menyebut dirinya seorang diktator. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG