Tautan-tautan Akses

Partai Persatuan Pembangunan Dukung Prabowo Sebagai Capres


Partai Persatuan Pembangunan menyatakan ikut mendukung Prabowo Subianto, calon Presiden dari Partai Gerindra, dalam konferensi pers di kantor Dewan Pimpinan Pusat P3 di Jakarta, Jum’at, 18 April 2014 (Foto: VOA/Andylala)

Partai Persatuan Pembangunan menyatakan ikut mendukung Prabowo Subianto, calon Presiden dari Partai Gerindra, dalam konferensi pers di kantor Dewan Pimpinan Pusat P3 di Jakarta, Jum’at, 18 April 2014 (Foto: VOA/Andylala)

Partai Persatuan Pembangunan memberikan dukungan politiknya kepada Prabowo Subianto, calon Presiden yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dalam Pemilu 2014.

Menjelang Pemilihan Umum Presiden, beberapa partai peserta pemilu mulai menjalin kerjasama atau koalisi dalam mendukung calon Presiden. Partai Persatuan Pembangunan (P3), salah satu partai peserta pemilu memberikan dukungan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto, calon Presiden yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ketua Umum P3 Suryadharma Ali dalam konferensi pers bersama dengan Prabowo Subianto di kantor Dewan Pimpinan Pusat P3 di Jakarta, Jum’at (18/4) memastikan bahwa Prabowo Subianto mampu memimpin Indonesia lebih baik kedepannya.

" (Kami) telah sepakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia. P3 menilai sosok Prabowo adalah sosok yang tepat yang dapat memimpin Indonesia kedepan menuju Indonesia yang lebih baik lagi. Dan bagi P3 adalah menuju Indonesia berkah," kata Suryadharma.

Suryadaharma memastikan dukungan politik kepada Prabowo adalah tanpa prasyarat apapun dari P3 untuk menyodorkan kadernya sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo atau pembagian kursi menteri jika Prabowo terpilih sebagai Presiden.

Suryadharma meminta kepada para kader dan pengurus P3 di pusat dan daerah agar memberikan dukungan penuhnya kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

"Saya juga berharap kepada seluruh jajaran P3 dari level pusat sampai dengan daerah di level terkecil, dapat memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemenangan Prabowo Subianto dalam pilpres 2014 mendatang. Dukungan kami kepada Prabowo Subianto juga telah diperkuat dari Ketua Majelis Syariah DPP P3 Kyai Haji Maemun Zuber," lanjutnya.

Calon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut baik pernyataan dukungan politik P3 kepada dirinya. Prabowo juga menghargai keputusan politik dari P3 ini yang tidak didasari atas prasyarat jabatan apapun.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga nesar Partai Gerindra menerima dengan rasa penuh tanggung jawab pernyataan dukungan ini. Terutama menyatakan dukungannya tanpa kondisi apapun," kata Prabowo Subianto.

Prabowo memastikan setelah dengan P3, Gerindra akan terus menjalin komunikasi politik dengan semua partai peserta pemilu 2014 termasuk juga dengan PDI Perjuangan untuk pemenangan dirinya sebagai calon presiden.

"Jadi selama ini kita melakukan komunikasi intensif hampir dengan semua partai. Kita komunikasi dengan PKB, PAN, PKS, Demokrat, Golkar, Hanura dan PDI Perjuangan yang kalau mau gabung kami terbuka kok," lanjut Prabowo.

Pengamat politik dari Charta Politika Arya Fernandez kepada VOA menjelaskan niatan P3 untuk mendukung Prabowo sudah muncul saat Suryadharma Ali menghadiri kampanye partai Gerindra. Dukungan politik ini menurutnya akan sangat berpengaruh untuk partai-partai peserta pemilu lainnya yang belum menentukan pilihan politiknya.

"Saya kira akan memberikan efek ya terutama daripartai-partai menengah lainnya dalam memberikan dukungan politiknya. Deklarasi akan memberikan perubahan peta sementara jelang pilpres. Partai-partai menengah ini mau tidak mau harus cepat menentukan pilihannya," kata Arya Fernandez.

Sehari sebelum dukungan politik kepada Prabowo Subianto, Ketua Umum P3 Suryadharma Ali melakukan pemecatan kepada beberapa pengurus pusat Dewan Pimpinan Pusat P3 diantaranya Wakil Ketua Umum DPP P3 Suharso Monoarfa dan Sekretaris Jenderal DPP P3 Romahurmuziy.

Pemecatan itu dilakukan Suryadharma terkait dengan ketidaksepakatan beberapa pengurus partai P3 yang menolak dukungan politik kepada Prabowo Subianto sebelumnya digelarnya Musyawarah Partai P3 pada Mei mendatang menjelang pemilihan presiden 2014.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG