Tautan-tautan Akses

Partai-partai Utama Irlandia Bentuk Pemerintah Koalisi Baru


Pemimpin dari Partai Fine Gael dan calon Perdana Menteri baru Irlandia, Enda Kenny.

Pemimpin dari Partai Fine Gael dan calon Perdana Menteri baru Irlandia, Enda Kenny.

Partai Fine Gael yang beraliran tengah kanan dan Partai Buruh yang berada di posisi kedua menyusun rencana bagi pemerintah baru Irlandia.

Dua partai terbesar Irlandia telah sepakat untuk membentuk pemerintahan koalisi baru, setelah Partai Fine Gael mengalahkan partai berkuasa dalam pemilihan parlemen pekan lalu.

Para pemimpin dari Partai Fine Gael yang beraliran tengah kanan dan Partai Buruh yang berada di posisi kedua menyusun rencana bagi pemerintah baru mereka. Mereka kembali berjanji mengupayakan persyaratan yang lebih baik untuk membayar kembali dana talangan multi-miliar dolar dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Uni Eropa.

Rencana tersebut juga mencakup tujuan mengurangi defisit anggaran Irlandia kurang dari batas ketentuan Uni Eropa sebesar tiga persen pada tahun 2015. Pemerintah baru tidak mengupayakan perubahan besar dalam program penghematan pemerintah sebelumnya, tetapi mengatakan pihaknya akan membatalkan pemotongan upah minimum.

Para pemilih Irlandia menggulingkan partai yang berkuasa Fianna Fail dan Perdana Menteri Brian Cowen atas penanganannya dalam krisis ekonomi Irlandia.

Pemimpin partai Fine Gael Enda Kenny diperkirakan akan terpilih sebagai Perdana Menteri, saat parlemen baru bersidang untuk pertama kalinya.

XS
SM
MD
LG