Tautan-tautan Akses

Partai-Partai Oposisi Korsel Ajukan Upaya Pemakzulan Presiden


Para pengunjuk rasa membawa lilin dalam aksi protes menuntut Presiden Park Geun-hye untuk turun dari jabatannya, di Gwanghwamun, gerbang utama istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan (3/12).

Para pengunjuk rasa membawa lilin dalam aksi protes menuntut Presiden Park Geun-hye untuk turun dari jabatannya, di Gwanghwamun, gerbang utama istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan (3/12).

Partai yang berkuasa menghendaki presiden untuk dengan sukarela mengundurkan diri bulan April, yang membuka jalan bagi pemilihan presiden yang akan diadakan bulan Juni, enam bulan lebih cepat dari jadwal.

Partai-partai oposisi Korea Selatan telah mengajukan usaha pemakzulan terhadap Presiden Park Geun-hye yang tersangkut skandal. Rancangan itu diajukan hari Sabtu (3/12) sementara ratusan ribu orang warga Korea Selatan dari seluruh negara itu berkumpul di Seoul untuk berdemonstrasi yang ke-6 kalinya berturut-turut menuntut pemakzulan presiden.

Langkah tersebut ditandatangani oleh 171 orang anggota badan legislatif yang beranggotakan 300 orang. Pemungutan suara akan diadakan dalam Majelis Nasional hari Jumat [mendatang]. Namun, oposisi akan membutuhkan 28 orang anggota partai yang berkuasa untuk mencapai mayoritas dua pertiga yang diperlukan untuk meloloskan proses pemakzulan ini Tidak jelas apakah oposisi akan dapat mengumpulkan suara yang cukup dari partai Saenuri pimpinan Park.

Park telah menawarkan untuk mengundurkan diri, tetapi oposisi mengatakan tawaran itu adalah siasat penghentian yang dirancang untuk mengulur waktu dan mempertahankan jabatannya. Partai yang berkuasa menghendaki presiden untuk dengan sukarela mengundurkan diri bulan April, yang membuka jalan bagi pemilihan presiden yang akan diadakan bulan Juni, enam bulan lebih cepat dari jadwal.

Park adalah seorang tersangka dalam penyelidikan penyalahgunaan wewenang untuk memperoleh sumbangan, yang kabarnya diatur oleh teman lama presiden Choi Soon-sil. Penyelidikan itu telah menghancurkan citra politik Park yang dengan hati-hati diciptakan sebagai seorang pemimpin yang sangat bersih. Park dan Choi dituduh menekan perusahaan-perusahaan Korea Selatan agar memberi puluhan juta dolar kepada yayasan yang dikendalikan oleh Choi. [gp]

XS
SM
MD
LG