Tautan-tautan Akses

Partai Komunis Kalah dalam Pemilu Negarabagian India


Pendukung partai Kongres memasang gambar Mamata Banerjee di Kolkata (13/5). Partai Kongres menang 215 kursi dari 294 kursi yang diperebutkan di Benggala barat, menyingkitkan dominasi partai Komunis.

Pendukung partai Kongres memasang gambar Mamata Banerjee di Kolkata (13/5). Partai Kongres menang 215 kursi dari 294 kursi yang diperebutkan di Benggala barat, menyingkitkan dominasi partai Komunis.

Di negarabagian Benggala Barat, kekuasaan selama tiga dasawarsa oleh pemerintah komunis terpilih tertua di dunia telah berakhir.

Pemilih di India menyingkirkan partai komunis dari kekuasaan di dua kubu utama mereka, sementara memberikan dukungan kepada koalisi pemerintah yang dicemari skandal-skandal korupsi tingkat tinggi.

Hasil Pemilu negarabagian diumumkan hari Jumat. Di negarabagian Benggala Barat, kekuasaan selama tiga dasawarsa oleh pemerintah komunis terpilih tertua di dunia telah berakhir ketika sekutu Partai Kongres, yaitu Partai Kongres Trinamool pimpinan Mamata Banerjee, menang besar.

Banerjee, yang dikenal sebagai "Didi," atau kakak, secara brutal dipukuli anggota Partai Komunis hampir 20 tahun lalu. Setelah kemenangan hari Jumat, ia mengatakan berencana membongkar apa yang ia sebut "kehancuran pemerintahan komunis di Bengali Barat, yang ia tuduh menyebabkan kemerosotan itu.

Partai Kongres mempertahankan kekuasaan di negarabagian Assam yang terpencil dan menang tipis atas partai-partai komunis di negara bagian Kerala, India selatan.

Kekalahan Partai Komunis di kubu tradisional mereka bisa mendorong pemerintah pimpinan Partai Kongres untuk lebih memperjuangkan reformasi ekonomi.

Namun, sekutu penting lain Partai Kongres, Dravida Munnetra Kazhagam, mengalami kekalahan besar di negarabagian Tamil Nadu.

Para analis politik mengatakan, Partai Kongres Perdana Menteri Manmohan Singh seharusnya melihat hasil di Tamil Nadu sebagai peringatan bahwa rakyat masih menuntut tata kelola pemerintahan yang bersih.

XS
SM
MD
LG