Tautan-tautan Akses

Partai Komunis China Selidiki Korupsi Mantan Pejabat Tinggi


Ji Wenlin, ketika menjabat menjadi walikota Haikou, berbicara pada upacara pembukaan lomba yatch race di Haikou, provinsi Hainan.

Ji Wenlin, ketika menjabat menjadi walikota Haikou, berbicara pada upacara pembukaan lomba yatch race di Haikou, provinsi Hainan.

Partai Komunis China telah mengumumkan penyelidikan korupsi terhadap seorang rekan lain pensiunan politisi senior Zhou Yongkang, yang juga sedang diselidiki.

Badan penyelidikan internal partai mengatakan wakil gubernur Hainan Ji Wenlin dicurigai melakukan pelanggaran berat disiplin dan undang-undang. Rincian lain tidak diberikan. Tetapi, tuduhan itu hampir selalu bermakna korupsi.

Sejarah karir Ji memberi indikasi hubungan yang erat dengan Zhou yang kuat itu. Ia menjabat sebagai sekretaris dan staff Zhou pada waktu Zhou menjadi menteri sumber daya tanah dan pimpinan provinsi Sichuan pada tahun 1990-an dan 2000-an.

Sekutu lain Zhou telah diinterogasi mengenai korupsi dalam beberapa bulan ini, termasuk bekas Wakil Menteri Keamanan Umum Li Songsheng dan Jiang Jiemin, pimpinan komisi yang mengawasi perusahaan-perusahaan milik negara.

Beberapa laporan media telah memberi indikasi bahwa partai bahkan kemungkinan sedang mempertimbangkan dakwaan korupsi terhadap Zhou, yang sampai tahun 2012 adalah salah seorang pemimpin yang sangat tinggi di China.
XS
SM
MD
LG