Tautan-tautan Akses

Partai Islam Moderat Menangi Pemilu Maroko


Maroko menyelenggarakan pemilu parlemen, Jumat (25/11). Hasil awal menunjukkan partai Islamis PJD memimpin perolehan suara.

Maroko menyelenggarakan pemilu parlemen, Jumat (25/11). Hasil awal menunjukkan partai Islamis PJD memimpin perolehan suara.

Hasil-hasil awal pemilu menunjukkan Partai Keadilan dan Pembangunan (PJD) meraih seperlima dari 395 kursi di Parlemen.

Sebuah partai Islam moderat berhasil meraih kursi terbanyak dalam pemilu legislatif Maroko dan akan mengemban tugas untuk memimpin negara itu dalam membentuk pemerintahan yang baru.

Pemerintah hari Sabtu mengatakan, hasil-hasil awal pemilu hari Jumat itu menunjukkan Partai Keadilan dan Pembangunan (PJD) meraih seperlima dari 395 kursi di Parlemen.

Partai nasionalis Istiqlal pimpinan PM Abbas el Fassi berada di urutan kedua. Kantor berita Reuters mengatakan, perdana menteri menilai kemenangan PJD merupakan kemenangan demokrasi.

Para pemimpin partai berkuasa mengatakan, mereka siap berbicara dengan PJD untuk membentuk koalisi. Kerajaan Maroko mulai berupaya melakukan reformasi demokratis awal tahun ini sebagai upaya membendung aksi protes bergaya Revolusi Arab yang telah melumpuhkan sebagian besar kawasan itu.

Sebagai bagian dari upaya itu, Raja Muhamad mempercepat pemilu yang pada mulanya dijadwalkan berlangsung tahun 2012. Maroko mengatakan, akan mengumumkan hasil resmi pemilu hari Minggu.

XS
SM
MD
LG