Tautan-tautan Akses

Partai Ikhwanul Muslimin Raih Kemenangan Besar dalam Pemilu Mesir


Para calon legislatif dari kelompok Ikhwanul Muslimin mendominasi perolehan kursi parlemen baru Mesir (foto: dok).

Para calon legislatif dari kelompok Ikhwanul Muslimin mendominasi perolehan kursi parlemen baru Mesir (foto: dok).

Partai politik di bawah naungan kelompok Ikhwanul Muslimin meraih 47 persen kursi pada parlemen baru Mesir.

Partai yang bernaung di bawah kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir meraih kemenangan besar dalam pemilihan legislatif di negara itu, dengan merebut 47 persen kursi di parlemen baru.

Komisi pemilu Mesir mengumumkan hasil akhir pada hari Sabtu. Ketua komisi Abdel Moez Ibrahim mengatakan Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) dari Ikhwanul Muslimin meraih 235 dari 498 kursi di Majelis Rakyat.

Dua per tiga kursi di majelis rendah yang baru dialokasikan untuk calon yang maju atas nama partai itu dan selebihnya oleh para anggota FJP yang maju atas nama perorangan. FJP merebut 127 kursi dari kandidat yang maju atas nama partai dan 108 anggotanya yang maju secara perorangan. Partai Islamis garis keras Al-Nur menjadi blok terbesar ke-dua di parlemen, dengan meraih 29 persen kursi. Partai sekular Wafd menduduki tempat ke-tiga dan koalisi Blok Mesir di tempat ke-empat.

Pemilu ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan sejak digulingkannya mantan presiden Hosni Mubarak Februari tahun lalu, Sistem pemilu Mesir yang rumit dilakukan dalam tiga putaran pemilihan.


XS
SM
MD
LG