Tautan-tautan Akses

Partai Hollande Raih Suara Terbanyak Pemilu DPR Perancis


Partai sosialis pimpinan Presiden Hollande (kiri) mengungguli partai konservatif pimpinan Sarkozy dalam pemilu parlemen Perancis (10/6).

Partai sosialis pimpinan Presiden Hollande (kiri) mengungguli partai konservatif pimpinan Sarkozy dalam pemilu parlemen Perancis (10/6).

Partai sosialis pimpinan Presiden Francois Hollande dan sekutunya mendapatkan sekitar 40 persen jumlah kursi DPR yang beranggotakan 577 orang.

Exit poll dalam pemilihan anggota parlemen Perancis ronde pertama menunjukkan partai sosialis pimpinan Presiden Francois Hollande dan sekutu-sekutunya telah mendapatkan kira-kira 40 persen jumlah kursi dalam DPR yang beranggotakan 577 orang itu.

Partai konservatif UMP pimpinan bekas presiden Sarkozy mendapat 35 persen dan Partai Front Nasional ekstrem kanan, 13 persen.

Menurut para analis, ini akan memungkinkan Presiden Hollande untuk menjalankan peraturan yang diharapkannya akan mengurangi tingkat pengangguran dan menghidupkan kembali perekonomian Perancis, yang merupakan paling besar nomor dua dalam kawasan Eurozone.

Pol-pol pendapat umum sebelumnya menunjukkan partai itu bisa mendapat mayoritas tipis dalam DPR, Kelompok sosialis dan kiri saat ini telah menguasai Senat Perancis.

Kata para analis, Presiden Hollande, yang bekerja sama dengan kelompok Hijau dan kelompok kiri lainnya akan bisa membangun pemerintah koalisi yang cukup kuat. Hasil penghitungan suara sementara diperkirakan akan diumumkan hari Minggu malam, dan pemilu ronde kedua akan diadakan tanggal 17 Juni.

XS
SM
MD
LG