Tautan-tautan Akses

Partai Hijau Nominasikan Jill Stein sebagai Presiden


Calon Presiden Partai Hijau, Jill Stein

Calon Presiden Partai Hijau, Jill Stein

Partai Hijau AS secara resmi menominasikan dokter asal Massachusetts Jill Stein sebagai kandidat presiden dan aktivis HAM Ajumu Baraka sebagai wakilnya di Houston hari Sabtu.

Ratusan delegasi dan pendukung bersorak sorai ketika Stein menerima nominasi itu dan menguraikan daftar sikap berhaluan kiri-tengah yang diusung partainya, termasuk pelunasan pinjaman dana sekolah oleh pemerintah, diakhirinya perjanjian perdagangan bebas, dan diakhirinya aksi militer asing di wilayah Timur Tengah.

Sebagian besar pengamat politik independen mengatakan harapan Setin untuk menang pilpres sangat kecil, apalagi Partai Hijau belum pernah memenangkan pemilihan negara bagian atau federal apapun di masa lampau dan hanya berhasil dalam beberapa pemilihan lokal.

Satu-satunya pengalaman Stein sebagai pejabat publik adalah sebagai anggota dewan kota Lexington, Massachusetts.

Beberapa jajak pendapat terbaru menunjukkan lebih dari 60 persen warga AS belum pernah mendengar nama Stein. Baik Partai Hijau maupun Partai Libertarian berupaya agar diikutsertakan dalam debat pilpres yang disiarkan TV bulan September dan October, tapi keduanya tidak memenuhi kualifikasi karena popularitasnya dalam jajak pendapat rendah.

Kedua partai itu mengajukan gugatan hukum untuk mendesak debat terbuka, tetapi hakim federal hari Jumat menolak permohonan mereka.

Sejauh ini, jajak pendapat menunjukkan Partai Libertarian memiliki 8 persen dukungan dan Partai Hijau hanya sekitar 5 persen. Kedua partai itu tidak memiliki dana dan sumber daya sebesar kedua partai utama; Demokrat dan Republik. [vm]

XS
SM
MD
LG