Tautan-tautan Akses

Partai Hijau Ingin Tarik Pendukung Sanders


Dokter dan aktivis politik asal Massachusetts Jill Stein dinominasikan sebagai calon presiden dari Partai Hijau (foto: dok).

Dokter dan aktivis politik asal Massachusetts Jill Stein dinominasikan sebagai calon presiden dari Partai Hijau (foto: dok).

Partai Hijau menarik bagi bekas pendukung Senator asal Vermont, Bernie Sanders dan jutaan pendukung muda yang terbebani dengan utang biaya kuliah dalam upaya menentang dominasi dua partai dalam politik Amerika.

Pakar Politik dan cendekiawan ragu partai kecil itu bisa mencapai tujuan tersebut tapi para pakar ini juga mengaku bingung oleh banyaknya perkembangan tahun ini.

Pada konvensi Partai Hijau hari Sabtu (6/8) di Houston para delegasi mencalonkan dokter dan aktivis politik asal Massachusetts Jill Stein sebagai calon presiden Partai itu dan mengelu-elukan “Jill bukan Hill” sebagai referensi bagi calon Presiden Partai Demokrat Hillary Clinton yang digambarkan oleh para pembicara sebagai seorang “penguasa”, “alat Wall Street” dan “saudagar perang”.

Partai itu ingin menarik bekas pendukung Bernie Sanders yang merasa “marah”. Banyak peserta konvensi itu mengenakan baju kaos dan pin (peniti) Bernie Sanders.

Bernie Sanders mengilhami jutaan pendukung muda yang menggunakan istilah “Feeling the Bern” untuk menggambarkan antusiasme mereka. Mereka kecewa dengan kemenangan pencalonan Clinton dan marah ketika kelompok WikiLeaks merilis email yang menunjukkan kepemimpinan Partai Demokrat lebih berpihak kepada Clinton.

Graham Cabrera yang ikut dalam Konvensi Partai Demokrat di Philadelphia mengatakan kepada VOA ia menyaksikan pejabat partai menekan pendukung Sanders. [my/al]

XS
SM
MD
LG