Tautan-tautan Akses

Partai Demokrat Bersiap Buka Konvensi Nasional di Charlotte

  • Ian Umar

Ibu negara Michelle Obama tampil di panggung di Time Warner Cable Arena di Charlotte, North Carolina (3/9), sementara panitia konvensi Partai Demokrat melakukan tes kamera sebagai persiapan acara konvensi hari Selasa.

Ibu negara Michelle Obama tampil di panggung di Time Warner Cable Arena di Charlotte, North Carolina (3/9), sementara panitia konvensi Partai Demokrat melakukan tes kamera sebagai persiapan acara konvensi hari Selasa.

Setelah Partai Republik menyelenggarakan konvensi nasionalnya di Tampa, Florida pekan lalu, kini giliran Partai Demokrat menyelenggarakan konvensi nasional di Charlotte, North Carolina yang akan dibuka hari Selasa (4/9).

Walaupun hari Senin adalah hari libur nasional, panitia DNC justru memanfaatkan “Labor Day” untuk memeriahkan penyelenggaraan DNC dengan mengadakan Carolina Festival 2012.

Sehari menjelang dibukanya Konvensi Nasional Partai Demokrat atau DNC, pihak penyelenggara bersama kota tuan rumah, Charlotte, menyelenggarakan Carolina Festival yang bertemakan pesta rakyat. Berbagai kegiatan yang merupakan bagian dari sosialiasi budaya dilakukan di kota metropolitan berpenduduk 1,7 juta itu.

Gerai-gerai dari berbagai restoran makanan setempat, organisasi sosial, LSM, dan kegiatan hiburan ditampilkan dalam Carolina Festival yang bertujuan memeriahkan penyelenggaraan DNC di kota Charlotte.

Seorang pengunjung Carolina Festival yang juga adalah anggota delegasi Partai Demokrat, Brita Decker, dari negarabagian Washington tampaknya sangat antusias menjelang pembukaan acara DNC.

Brita Decker mengatakan ia sangat bersemangat bisa berada di kota Charlotte ini dengan dilaksanakannya berbagai acara seperti Carolina Festival, pertemuan kaukus antara delegasi, orang-orang sangat ramah dan menyambut baik kedatangan para delegasi partai Demokrat. Ia juga memuji pihak penyelenggara yang melakukan persiapan yang sangat baik dalam menghadapi acara DNC ini.

Carolina Festival berlangsung dari pukul 12 siang hingga menjelang malam hari. Walikota Charlotte Anthony secara resmi membuka festival itu dan diikuti dengan berbagai penampilan beberapa artis, antara lain penyanyi R&B Janelle Monae, aktor Jeff Bridges, dan puncak acara festival menampilkan pengarang lagu dan pemenang hadiah Grammy lima kali, musisi James Taylor.

Para pengunjung yang memadati Tryon Street, pusat kota Charlotte tempat berlangsungnya Carolina Festival, juga adalah penduduk dari sekitar kota Charlotte. Acara pesta rakyat ini terutama ditujukan untuk menyemangati penyelenggaraan DNC.

Pesta rakyat Carolina Festival ini berlangsung dalam kondisi udara yang cukup panas, para pengunjung pun ikut merasa kepanasan, tapi mereka tetap bersemangat.

Menurut Brita, walaupun suhu diluar cukup panas tapi festival ini sangat bagus dan para pengunjung dapat menyaksikan berbagai hal yang berbeda dan menarik dari pesta rakyat ini.

Konvensi nasional Partai Demokrat akan dibuka secara resmi oleh ketua DNC, anggota Kongres dari Florida, Debbie Wasserman Schultz, Selasa siang. Selain acara Carolina Festival, aktifitas yang tampak sebelum konvensi dibuka secara resmi antara lain adalah acara sosialisasi dengan para delegasi, pertemuan informal antar delegasi, rapat kaukus dan rapat anggota dewan.

Para delegasi Partai Demokrat tampaknya semakin bersemangat menjelang pelaksanaan konvensi nasional yang secara resmi akan mengumumkan pencalonan Wakil Presiden Joe Biden sebagai kandidat Wakil Presiden Amerika dan Presiden Barack Obama sebagai kandidat Presiden Amerika untuk pemilu bulan November nanti.
XS
SM
MD
LG