Tautan-tautan Akses

AS

Partai Demokrat Amerika Terus Kikis Utang


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam salah satu acara penggalangan dana Partai Demokrat di New York (17/6). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam salah satu acara penggalangan dana Partai Demokrat di New York (17/6). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Utang partai sempat melambung hampir $23 juta pada Maret 2013, tetapi mereka terus membayar utang-utang itu dan membatasi pengeluaran menjelang pemilu sela akhir tahun ini.

Komite Nasional Partai Demokrat (DNC) di Amerika sukses mengungguli saingannya Partai Republik dalam penggalangan dana bulan lalu dan memangkas utangnya menjadi hanya US$3 juta, menurut laporan keuangan federal.

DNC menggalang hampir $9 juta bulan Juni, sementara Komite Nasional Partai Republik (RNC) Minggu (20/7) melaporkan mereka mengumpulkan $8,5 juta. Meski demikian, RNC masih punya simpanan $14,4 juta– hampir dua kali lipat simpanan DNC.

Partai Republik sudah 10 kali unggul dalam pengumpulan dana dalam 18 bulan ini, meskipun baru diadakan sekali sejak Januari tahun ini. Sejak mulai siklus pemilu parlemen 2014, DNC telah mengumpulkan sekitar $116 juta dan RNC sekitar $132 juta.

Kedua komite partai itu cenderung menumpuk utang pada akhir masa kampanye kepresidenan, sama seperti pada pemilu 2012 antara Presiden Barack Obama dan mantan gubernur Mitt Romney.

Utang DNC sempat melambung hampir $23 juta pada Maret 2013, tetapi mereka terus membayar utang-utang itu dan berusaha membatasi pengeluaran menjelang pemilu sela akhir tahun ini.

RNC tidak mempunyai utang.

XS
SM
MD
LG