Tautan-tautan Akses

Partai Demokrat Adakan Pemilihan Pendahuluan Capres di South Carolina


Kandidat calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Sen. Bernie Sanders dan Mantan Menlu Hillary Clinton. REUTERS/Jim Young

Kandidat calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Sen. Bernie Sanders dan Mantan Menlu Hillary Clinton. REUTERS/Jim Young

TPS dibuka untuk pemilihan pendahuluan calon presiden di South Carolina hari ini untuk memilih antara Mantan Menlu Hillary Clinton dan Senator dari Vermont, Bernie Sanders. Persaingan antara Clinton dan Sanders hampir berimbang dalam 3 pemilihan terakhir.

TPS dibuka untuk pemilihan pendahuluan calon presiden di South Carolina hari ini, dimana para pemilih dari partai Demokrat akan memilih antara mantan menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Senator dari Vermont, Bernie Sanders. Ini adalah pemilihan terakhir sebelum pemilihan penting yang besar pekan depan yang disebut Super Tuesday yang diadakan dalam banyak negara bagian sekaligus dimana seribu delegasi diperebutkan.

Jajak pendapat di negara bagian South Carolina menunjukkan Clinton unggul atas Sanders dengan selisih 50 persen menjelang pemugutan suara.

“Pemilihan pendahuluan di South Carolina penting bagi saya pribadi karena saya ingin memberi kesan yang kuat bahwa South Carolina siap untuk perubahan,” kata Clinton hari Jumat dalam kampanye di Columbia, South Carolina.

Kemenangan dengan selisih suara yang besar di South Carolina akan memperkuat dukungan bagi Clinton di kalangan warga kulit hitam Amerika, pendukung penting partai Demokrat, dan menegakkan kekuatannya dalam pemilihan di seluruh Amerika. Dia memperoleh pernyataan dukungan dari anggota kulit hitam Kongres yang berpengaruh James Clyburn pekan lalu.

Sanders tampaknya mengantisipasi kekalahan terhadap Clinton di South Carolina. Ia belum berkampanye di negara bagian itu dalam beberapa hari ini, dan sebagai gantinya ia berkampanye di negara-negara bagian yang mengadakan pemilihan Selasa depan.

“Kami memperjuangkan perjuangan untuk bertahan hidup golongan pekerja di negara ini,” katanya kepada para pendukung dalam kampanye di Minnesota hari Jumat.

Persaingan antara Clinton dan Sanders hampir berimbang dalam 3 pemilihan terakhir dimana Clinton dengan tipis mengalahkan Sanders dalam pemungutan suara di Iowa, dan kalah terhadap Sanders dengan selisih besar di New Hampshire dan menang dengan selisih 5 persen dalam pemungutan suara para aktivis partai di Nevada pekan lalu. [GP]

XS
SM
MD
LG