Tautan-tautan Akses

Partai Buruh Inggris Berhentikan 4 Anggota karena Skandal Lobi


Tiga mantan pejabat pemerintahan mantan PM Tony Blair diberhentikan dari Partai Buruh, 23 Maret 2010.

Tiga mantan pejabat pemerintahan mantan PM Tony Blair diberhentikan dari Partai Buruh, 23 Maret 2010.

Tiga mantan menteri kabinet dan seorang legislator diberhentikan karena terekam kamera saat menawarkan jasa lobi dengan imbalan uang.

Partai Buruh Inggris telah memberhentikan tiga mantan menteri kabinet dan seorang legislator setelah mereka terekam kamera tampak sedang menawarkan jasa lobi dengan imbalan uang tunai.

Stephen Byers, Geoff Hoon dan Patricia Hewitt, yang menjabat di bawah mantan Perdana Menteri Tony Blair, diberhentikan Senin malam, beberapa jam setelah sebuah film dokumenter yang menunjukkan mereka menawarkan jasa itu ditayangkan stasiun televisi Inggris Channel 4. Legislator Partai Buruh Margaret Moran juga diberhentikan. Keempat orang itu membantah telah berbuat salah.

Dalam video tersebut, para legislator itu tampak menawarkan jasa mereka sebagai orang dalam pemerintah kepada seorang jurnalis yang berkedok sebagai wakil dari sebuah perusahaan lobi Amerika. Byers menyebut bayaran sampai 7500 dolar AS per hari, sementara Hewitt dan Hoon mengatakan mereka akan bekerja dengan bayaran lebih rendah.

Dengan mengumumkan pemberhentian itu, Partai Buruh menyatakan mereka mengharapkan standar yang lebih tinggi dari anggotanya dan semua tindakan harus transparan.

XS
SM
MD
LG