Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa Meksiko Raih Mayoritas di Majelis Rendah


Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan sekutu-sekutunya meraih kemenangan dalam pemilu sela Meksiko (foto: dok).

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan sekutu-sekutunya meraih kemenangan dalam pemilu sela Meksiko (foto: dok).

Partai pimpinan Presiden Enrique Pena Nieto dan sekutu-sekutunya meraih kemenangan dalam pemilu sela Meksiko yang berlangsung hari Minggu (7/6).

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan sekutu-sekutunya berhasil memegang mayoritas hari Senin (8/6), di majelis rendah Kongres, setelah berlangsung pemilu sela.

Menjelang pemilu hari Minggu, suasana ditandai dengan kekerasan, dengan kartel-kartel narkoba dituduh terlibat dalam pembunuhan beberapa kandidat.

Pemilu sela biasanya hanya menarik sedikit pemilih, tetapi perhatian luar biasa tinggi saat ini sewaktu sebuah koalisi longgar serikat-serikat guru radikal dan aktivis bersumpah akan mengacau proses pemilu.

Kotak-kotak suara dibakar atau dicuri hari Minggu di negara-negara bagian yang bergolak, yaitu Chiapas, Guerrero dan Oaxaca.

Sementara para guru mengajukan beberapa tuntutan yang mencakup kenaikan gaji yang besar, dihentikannya ujian guru, dan dikembalikannya dengan selamat 42 siswa yang hilang dari sebuah perguruan tinggi guru radikal.

Para siswa itu menghilang bulan September tahun lalu, dan tim jaksa mengungkapkan, mereka telah dibunuh dan dibakar oleh sebuah geng narkoba. Hanya satu jasad siswa dari 42 korban tewas, yang dapat diidentifikasi dengan tes DNA.

Delapan puluh juta pemilih yang terdaftar, memenuhi syarat untuk memilih majelis rendah Kongres, ratusan walikota dan sembilan gubernur.

Gubernur yang baru terpilih dari negara bagian Nuevo Leon keluar sebagai pemenang besar dalam pemilu hari Minggu. Jaime Rodriguez Calderon, yang dikenal dengan julukan "el Bronco," menjadi calon independen pertama yang terpilih sebagai gubernur sejak reformasi pemilu tahun lalu.

Pemungutan suara hari Minggu itu adalah pemilihan pertama di Meksiko yang mengizinkan para kandidat yang tidak berafiliasi dengan partai apapun, ikut dalam pemilihan.

XS
SM
MD
LG