Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa Korsel Mungkin Kehilangan Mayoritas di Parlemen


Poster para kandidat menjelang pemilihan umum di Cheonggye, pusat kota Seoul, Korea Selatan (13/4).

Poster para kandidat menjelang pemilihan umum di Cheonggye, pusat kota Seoul, Korea Selatan (13/4).

Jajak pendapat di luar TPS yang dilakukan televisi KBS menunjukkan, partai oposisi utama, Partai Minjoo Korea, kini diperlkirakan akan meraih antara 101 dan 123 kursi, jauh lebih banyak dari yang diproyeksikan sebelumnya.

Jajak-jajak pendapat di luar TPS di Korea Selatan mengindikasikan bahwa para oposan Partai Saenuri meraih hasil yang lebih baik dari yang diperkirakan pada pemilu parlemen, Rabu (13/4). Jika indikasi ini benar, partai konservatif dan berkuasa itu, yang juga partainya Presiden Park Geun-hye, kemungkinan akan kehilangan mayoritas di Majelis Nasional.

Jajak-jajak pendapat sebelum pemilu menunjukkan adanya dukungan publik yang kuat terhadap Park, khususnya atas posisi kerasnya di bidang keamanan nasional dalam menanggapi ancaman nuklir Korea Utara yang kian berkembang.

Dalam pemilu, lembaga legislatif itu akan diperluas sehingga memiliki 300 kursi.

Sementara jajak-jajak pendapat sebelum pemilu mengindikasikan Saenuri akan meraih mayoritas jelas, jajak-jajak pendapat yang dilakukan di luar TPS, Rabu, menunjukkan partai berkuasa itu gagal meraih mayoritas. Saenuri diperkirakan hanya akan merebut antara 121 dan 143 kursi.

Jajak pendapat di luar TPS yang dilakukan televisi KBS menunjukkan, partai oposisi utama, Partai Minjoo Korea, kini diperlkirakan akan meraih antara 101 dan 123 kursi, jauh lebih banyak dari yang diproyeksikan sebelumnya. [ab/as]

XS
SM
MD
LG