Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa Jerman Hadapi Kekalahan Lagi


Partai pimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel kalah dalam pemilihan daerah.

Partai pimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel kalah dalam pemilihan daerah.

Survei sebelum pemilu menunjukkan bahwa para pemilih di negara bagian Baden-Wuerttemberg marah dengan pemimpin Jerman terkait PLTN.

Partai Kristen Demokrat (CDU) Jerman yang dipimpin Kanselir Angela Merkel kembali mengalami kekalahan memalukan di negara bagian yang dikuasainya sejak 1953. Baden-Wuerttemberg adalah salah satu negara bagian paling makmur di Jerman, kawasan industri yang terkenal dengan industri mobilnya.

Survei sebelum pemilu menunjukkan bahwa para pemilih di negara bagian Baden-Wuerttemberg marah dengan pemimpin Jerman terkait pendekatannya mengenai pembangkit listrik tenaga nuklir, menyusul krisis nuklir yang dihadapi Jepang belakangan ini. Setelah keputusan untuk memperpanjang pengoperasian reaktor-reaktor nuklir Jerman pada akhir tahun lalu, Merkel kini memerintahkan tujuh reaktor di antaranya ditutup untuk dievaluasi keamanannya.

Energi nuklir tidak populer di Jerman. Pada hari Sabtu, menjelang pemilu di Baden-Wuerttemberg, lebih dari 200 demonstran anti-nuklir muncul untuk berunjuk rasa di empat kota terbesar di Jerman.

Salah satunya adalah di Hamburg, di mana CDU bulan lalu juga mengalami kekalahan dalam pemilu di tingkat negara bagian.

XS
SM
MD
LG