Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa di Sri Lanka Menangkan Pemilihan Daerah


Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa

Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa

Partai Presiden Mahinda Rajapaksa yang berkuasa di Sri Lanka, Aliansi Kebebasan Rakyat Bersatu, telah memenangkan lebih dari 180 dari 235 kursi dewan daerah.

Partai yang berkuasa di Sri Lanka bergerak menuju kemenangan besar dalam pemilihan daerah yang pertama kalinya sejak berakhirnya 25 tahun perang saudara di negara ini dua tahun lalu.

Para pejabat mengatakan, Jumat, Aliansi Kebebasan Rakyat Bersatu, partai Presiden Mahinda Rajapaksa yang berkuasa, telah memenangkan lebih dari 180 dari 235 kursi dewan daerah. Partai Persatuan Nasinal memenangkan paling sedikit delapan kursi dewan daerah dalam pemilihan pada hari Kamis.

Hasil-hasil final diperkirakan akan diumumkan Jumat ini.

Para pejabat melaporkan rendahnya jumlah kehadiran pemilih, dengan lebih sedikit dari setengah dari hampir 10 juta orang yang berhak memilih memberikan suara mereka dalam pemilihan. Ini dipandang sebagai ujian bagi pemerintahan Presiden Rajapaksa. Jumlah orang yang memberikan suara jauh lebih rendah daripada jumlah dalam pemilu parlemen dan pemilu presiden yang diadakan tahun lalu.

Pemantau pemilihan mengatakan secara garis besar, pemilu berlangsung damai. Tapi, seorang tewas dan beberapa lainnya luka-luka dalam perkelahian yang berhubungan dengan pemilihan.

Kelompok-kelompok pemantau juga mengatakan mereka menerima lebih 100 keluhan, termasuk tuduhan intimidasi, penipuan, pengusiran para pemilih dari TPS-TPS, dan pelanggaran undang-undang pemilihan.

XS
SM
MD
LG