Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa di Kosovo Klaim Kemenangan Pemilu


Perdana Menteri Kosovo Hashim Thaci, bersama istrinya Lumnije, memberikan suara di sebuah TPS di ibukota Pristina, Minggu (8/6). (AP/Visar Kryeziu)

Perdana Menteri Kosovo Hashim Thaci, bersama istrinya Lumnije, memberikan suara di sebuah TPS di ibukota Pristina, Minggu (8/6). (AP/Visar Kryeziu)

Perdana Menteri Hashim Thaci, yang kemungkinan akan berkuasa lagi, adalah satu-satunya pemimpin Kosovo sejak merdeka dari Serbia pada 2008.

Partai Demokrat Kosovo yang berkuasa pimpinan Perdana Menteri Hashim Thaci telah mengklaim kemenangan dalam pemilihan parlemen negara itu.

Setelah 70 persen suara dihitung, hasil resmi sementara menunjukkan Partai Demokrat Kosovo memperoleh 30 persen suara, mengalahkan oposisi utama Liga Demokrat Kosovo yang meraih 25 persen suara. Para pejabat mengatakan partisipasi rakyat pada Minggu (8/6) adalah 43 persen dari pemilih yang terdaftar.

Thaci kemungkinan akan memperoleh masa jabatan ketiga sebagai perdana menteri. Ia berpidato kepada para pendukung Senin di Pristina, dengan mengatakan rakyat Kosovo wajar bangga atas pemilu tersebut.

Bekas tentara gerilya itu adalah satu-satunya pemimpin Kosovo sejak merdeka dari Serbia pada 2008.

Ia mengatakan pemilu yang berhasil akan mengirim pesan kepada Eropa bahwa Kosovo adalah negara demokrasi.

Kosovo ingin memasuki Uni Eropa, tetapi kemajuan ekonomi telah terlalu lamban. Negara itu mempunyai 35 persen angka pengangguran dan masalah utama dengan korupsi.
XS
SM
MD
LG