Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa ANC di Afrika Selatan Menang Pemilu Lokal


Partai ANC yang dipimpin Presiden Jacob Zuma kembali menang pemilu lokal, namun perolehan suaranya menurun.

Partai ANC yang dipimpin Presiden Jacob Zuma kembali menang pemilu lokal, namun perolehan suaranya menurun.

Hasil pemilihan menunjukkan ANC mendapat 62 persen suara, turun dari kira-kira 66 persen dalam pemilu lokal terakhir tahun 2006.

Partai berkuasa di Afrika Selatan Partai Kongres Nasional Afrika menang mudah dalam pemilu lokal di negara itu, tetapi jumlah pemilihnya menurun sementara pihak oposisi utama meraih tambahan suara pemilih.

Hasil pemilihan dirilis hari Sabtu dari pemilihan hari Rabu menunjukkan, ANC mendapat 62 persen suara, turun dari kira-kira 66 persen dalam pemilu lokal terakhir tahun 2006. Partai oposisi utama Partai Demokrat Aliansi meraih 24 persen suara, naik dari kira-kira 16 persen dari pemilihan sebelumnya.

Komisi Pemilihan Independen Afrika Selatan mengatakan pemilihan 2011 untuk 278 kota adalah "bebas dan adil." Partisipasi pemilihnya berjumlah 58 persen.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menanggapi hasil pemilihan dengan mengatakan pemilihan itu mengenai "isu-isu pokok." Ia mengatakan pemilih menyatakan keprihatinannya tentang pelayanan publik, seperti air dan listrik.

Partai ANZ dari Presiden Jacob Zuma telah memimpin Afrika Selatan sejak berakhirnya apartheid 17 tahun yang lalu. Partai ini mendominasi semua kawasan Afrika Selatan kecuali satu kota terbesar Afrika Selatan dan mempertahankan kekuasaan mereka, tetapi Partai Demokratik Aliansi meraih tambahan kemenangan suara.

Partai Demokratik Aliansi meningkatkan dukungannya di barat daya kota Cape Town, dan telah berkuasa sejak tahun 2006. Partai ini secara tradisional didukung oleh pemilih ras kulit warna putih dan campuran.

Hasil pemilu juga menunjukkan dukungan menurun untuk dua partai kecil, Partai Kongres Rakyat dan Partai Kebebasan Inkatha.

XS
SM
MD
LG