Tautan-tautan Akses

Partai Aliran Kanan Perancis Unggul dalam Pemilu


Ketua partai Front Nasional Perancis, Marine Le Pen berbicara kepada media di kota Henin-Beaumont, Perancis utara, Minggu (6/12).

Ketua partai Front Nasional Perancis, Marine Le Pen berbicara kepada media di kota Henin-Beaumont, Perancis utara, Minggu (6/12).

Partai kanan Front Nasional (FN) meraih keunggulan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pemilu regional putaran pertama Perancis pada hari Minggu (6/12).

Badan-badan penghitung suara di Perancis menunjukkan partai Front Nasional unggul dengan dukungan 27 hingga 30 persen pada tingkat nasional, disusul Partai Republik moderat kanan yakni partai mantan Presiden Nicolas Sarkozy, dan kemudian pemerintahan Sosialis yang kini berkuasa.

Pemilu akan berlangsung selagi Perancis masih dalam pengamanan yang sangat ketat menyusul serangan teroris bulan lalu di Paris yang menewaskan 130 orang.

Secara luas diperkirakan partai anti imigran pimpinan Marine Le Pen yang juga sering menentang Islam akan meraih keuntungan politik melawan partai Sosialis yang berkuasa.

Tingkat dukungan terhadap Presiden Perancis Francois Hollande telah melonjak atas sikap garis-kerasnya sejak serangan teroris, namun peringkat partainya tetap rendah.

Peringkat partai Front Nasional telah meningkat sejak serangan Paris. Pemimpin-pemimpin partai Front Nasional secara konsisten mengaitkan terorisme dengan imigrasi.

Pemilu putaran kedua dijadwalkan akan berlangsung hari Minggu depan. [zb]

XS
SM
MD
LG