Tautan-tautan Akses

Parpol Kamboja Capai Kemajuan dalam Reformasi Pemilu


Son Chhay, ketua juru runding partai oposisi Kamboja, CNRP (foto: dok).

Son Chhay, ketua juru runding partai oposisi Kamboja, CNRP (foto: dok).

Partai CPP yang berkuasa dan partai oposisi CNRP hari Senin (17/3) mengatakan mereka secara prinsip menyepakati 14 langkah reformasi.

Para juru runding dari kedua partai politik utama Kamboja mengatakan telah mencapai kesepakatan dalam isu-isu utama reformasi pemilu.

Tetapi mereka belum sepakat bagaimana merombak Komite Pemilu Nasional, yang menurut pihak oposisi memihak kepada partai berkuasa.

Para pejabat dari partai CPP yang berkuasa dan oposisi partai CNRP hari Senin (17/3) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka secara prinsip menyepakati 14 langkah reformasi, termasuk pendaftaran pemilih, pendanaan pemilu dan isu-isu lainnya.

Son Chhay, ketua juru runding partai oposisi, mengatakan kesepakatan itu adalah sebuah langkah pada jalur yang tepat. Bin Chhin, ketua juru runding CPP, mengatakan semua langkah reformasi yang sejauh ini telah disepakati akan dibahas lebih lanjut dalam berbagai pertemuan berikutnya.

Oposisi memboikot pembentukan pemerintahan baru sejak secara signifikan menambah perolehan suara mereka dalam pemilu tahun 2013, yang mereka katakan diwarnai kecurangan dan penyimpangan.
XS
SM
MD
LG