Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Setujui Tuntutan Kreditor International


Gedung Parlemen Yunani di Athena (Foto: dok).

Gedung Parlemen Yunani di Athena (Foto: dok).

Parlemen Yunani telah menyetujui paket baru pemotongan pengeluaran dan pekerjaan yang dituntut oleh kreditor internasional, yang membawa Yunani lebih dekat ke dana talangan baru yang sangat dibutuhkan.

Para anggota parlemen menyetujui rancangan itu Minggu malam setelah pemrotes membakar gedung-gedung, memecahkan jendela dan melempari polisi dengan batu dan bom bensin. Polisi menyerang perusuh dengan gas air mata.

Kira-kira 100 ribu orang pemrotes pawai di kota Athena dan kota kedua terbesar, Thessalonika. Paling sedikit 10 gedung di Athena dibakar, termasuk bioskop, café dan bank-bank.

Perdana Menteri Lucas Papademos mengutuk kekerasan itu, dengan mengatakan kekerasan tidak mempunyai tempat dalam demokrasi.

Para peserta pawai berkisar dari priya muda yang mengenakan topeng dan orang-orang berkepala botak hingga keluarga dan kaum lanjut usia. Banyak warga Yunani mengatakan mereka sudah cukup berkorban sementara pemerintah berusaha pulih dari hutang yang sangat besar dan menghindarkan kebangkrutan.

XS
SM
MD
LG