Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Setujui Reformasi Dana Talangan


PM Yunani Alexis Tsipras saat menghadiri pemungutan suara terhadap RUU dana talangan di parlemen Yunani di Athena, Selasa (15/12).

PM Yunani Alexis Tsipras saat menghadiri pemungutan suara terhadap RUU dana talangan di parlemen Yunani di Athena, Selasa (15/12).

Sebanyak 153 anggota koalisi sayap kiri pimpinan PM Alexis Tsipras menyetujui RUU itu Selasa (15/12), sementara 138 anggota parlemen lainnya menentang.

Para anggota parlemen di Yunani telah menyetujui RUU baru mengenai reformasi perbankan dan perusahaan layanan publik sebagaimana dituntut oleh para kreditor Eropa. Sebagai imbalannya, Yunani akan diberi dana talangan tambahan senilai 1,1 miliar dolar yang sangat diperlukan Yunani untuk membayar utang-utangnya.

Ke-153 anggota koalisi sayap kiri pimpinan Perdana Menteri Alexis Tsipras menyetujui RUU itu hari Selasa (15/12), sementara ke-138 anggota oposisi di parlemen menentang RUU itu.

RUU hari Selasa itu termasuk skala gaji baru bagi PNS dan peraturan yang memberi hak kepada bank untuk menjual sebagian utang buruk kepada lembaga asing.

Serikat buruh yang menentang reformasi itu mengadakan dua demonstrasi terpisah Selasa malam di pusat Athena dengan sekitar 2.000 orang ikut berdemonstrasi secara damai.

Para analis memperkirakan RUU itu akan disahkan, sebagian karena pemungutan suara atas masalah paling bergejolak seperti reformasi pensiun yang sangat kontroversial ditunda sampai awal tahun depan.

Nasib reformasi itu diperkirakan akan menentukan apakah IMF akan bergabung dengan para kreditor lainnya, dan ikut memberi dana talangan ketiga dari keseluruhan dana talangan yang bernilai 98 miliar dolar. [my/jm]

XS
SM
MD
LG