Tautan-tautan Akses

DPR Somalia Pilih Hassan Sheikh Mohamud sebagai Presiden Baru


Hassan Sheikh Mohamud terpilih sebagai Presiden baru Somalia setelah meraih 190 suara dalam voting putaran ketiga di parlemen (10/9).

Hassan Sheikh Mohamud terpilih sebagai Presiden baru Somalia setelah meraih 190 suara dalam voting putaran ketiga di parlemen (10/9).

Anggota DPR Somalia telah memilih Hassan Sheikh Mohamud sebagai presiden baru negara itu, mengalahkan 21 orang lain yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Hassan Sheikh Mohamud mengalahkan pemimpin berkuasa Sheikh Sharif Sheikh Ahmed dalam putaran ketiga voting hari Senin. Ketua DPR Mohamed Sheikh Osman mengatakan presiden baru itu menang besar, meraih 190 suara dibanding saingannya yang mendapat 79 suara. Dua suara didiskualifikasi.

Mantan presiden Ahmed mengakui kekalahan dalam pidato dihadapan anggota DPR dan mengatakan akan mendukung presiden baru, yang langsung dilantik.

Pemilu ini adalah langkah penting dalam rencana PBB guna menciptakan pemerintahan yang lebih efektif di Somalia setelah dilanda kekerasan dan kerusuhan selama dua dekade. Pemilu digelar menyusul pengesahan konstitusi baru dan pembentukan parlemen bulan lalu.

Mohamud dan Ahmed adalah dua kandidat tersisa setelah proses voting selama sehari, yang diikuti oleh 22 calon Presiden.

Meskipun PBB menyebut pemilu di negara yang dicabik-cabik perang itu bersejarah, para pengecam menyatakan bahwa proses tersebut tidak lebih dari perombakan tokoh-tokoh dan posisi penting.

Parlemen baru Somalia bersidang untuk pertama kalinya bulan lalu, mengakhiri pemerintah transisi yang dicemari oleh pertikaian dan kinerja yang buruk.

Somalia goyah dan dilanda kerusuhan sejak 1991 sewaktu tokoh-tokoh militer menggulingkan pemerintah stabil terakhir di negara tersebut.
XS
SM
MD
LG