Tautan-tautan Akses

Pemerintah Rusia Tak akan Usir Snowden


Dokumen yan diberikan oleh pemerintah Rusia kepada Edward Snowden, bekas kontraktor Dewan Keamanan Nasional Amerika (NSA) yang diperlihatkan dalam konferensi pers di Moskow 1/8/2013.

Dokumen yan diberikan oleh pemerintah Rusia kepada Edward Snowden, bekas kontraktor Dewan Keamanan Nasional Amerika (NSA) yang diperlihatkan dalam konferensi pers di Moskow 1/8/2013.

Seorang anggota parlemen Rusia mengatakan pemerintah Moskow tidak berniat mengusir Edward snowden, pria yang membocorkan keamanan nasional Amerika, ketika suaka sementaranya selama setahun berakhir pada bulan Agustus.

Alexey Pushkov, kepala komite urusan luar negeri di Duma, majelis rendah Rusia haru Jumat (24/1) mengatakan Snowden "tidak akan dikeluarkan dari Rusia." Dia berbicara tentang Snowden dalam panel yang membahas "masa depan kekuatan Amerika" pada Forum Ekonomi Dunia di resor ski Davos di Swiss.

Snowden, 30 tahun, menghadapi tuduhan spionase di Amerika, tetapi Rusia telah menolak tuntutan Amerika untuk mengekstradisinya. Jaksa Agung Amerika Eric Holder, Kamis mengatakan bahwa jika Snowden ingin kembali ke Amerika untuk mengaku bersalah, pemerintah akan berbicara dengan tim pengacaranya. Tapi Holder mengatakan pemerintah tidak akan mempertimbangkan pengampunan bagi Snowden.

Dalam sebuah percakapan online, Snowden mengatakan bahwa kembalinya dirinya ke Amerika "adalah resolusi terbaik bagi semua pihak." Tetapi dia mengatakan "sayangnya itu tidak mungkin" karena undang-undang Amerika yang melindungi whistle blower atau saksi pelaku yang mengungkap informasi sensitif hanya mencakup pegawai negeri, bukan mantan kontraktor swasta seperti dirinya.

Snowden telah membocorkan rincian operasi intelijen Amerika besar-besaran selama beberapa bulan terakhir. Pemerintah Amerika mengatakan ia mencuri 1,7 juta dokumen dari kantor Badan Keamanan Nasional di mana dia bekerja di Hawaii sebelum lari untuk minta suaka di Rusia.

Pengungkapan oleh Snowden telah memicu perdebatan luas di Amerika mengenai ruang lingkup pengintaian itu. Presiden Barack Obama telah mengimbau perubahan dalam penyadapan telepon berskala besar oleh pemerintah terhadap warga Amerika , tetapi sebuah panel privasi pemerintah ingin mengakhiri program itu dan menghapus semua arsip penyadapan tersebut.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG