Tautan-tautan Akses

Parlemen Rumania Gulingkan Presiden Basescu


Presiden Rumania Traian Basescu berpidato di depan parlemen sebelum pemungutan suara di Bucharest (6/7).

Presiden Rumania Traian Basescu berpidato di depan parlemen sebelum pemungutan suara di Bucharest (6/7).

Parlemen Rumania menggulingkan Presiden Traian Basescu melalui pemungutan suara dan mengangkat Crin Antonescu sebagai presiden sementara Rumania, Jum'at (6/7)

Sebanyak dua ratus lima puluh enam dari 432 anggota parlemen Rumania yang mengadakan pemungutan suara hari Jumat (6/7), mendukung langkah untuk menyingkirkan Presiden Babescu dari kekuasaan untuk selamanya dalam referendum nasional yang akan diselenggarakan 30 hari lagi. Crin Antonescu dari Liberal Sosial Union yang berkuasa telah diangkat menjadi presiden sementara.

Perseteruan sengit antara Presiden Basescu dari sayap kanan tengah dan saingannya, Perdana Menteri Victor Ponta yang berhaluan kiri tengah telah menyebabkan Rumania mengalami krisis terburuk sejak muncul dari kediktatoran komunis dua dasa warsa lalu.

Amerika dan pihak Barat merasa prihatin bahwa pemerintah koalisi Victor Ponta, yang memangku jabatan bulan Mei telah mengikis kebebasan Rumania.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland dalam pernyataan hari Jumat (6/7) mengemukakan keprihatinan tentang perkembangan baru di Rumania, yang mengancam stabilitas demokrasi di negara itu dan mengancam eksistensi lembaga-lembaga independen, seperti pengadilan. Pernyataan tersebut mendesak agar proses menyingkirkan presiden Rumania dapat dilakukan dengan cara yang benar-benar adil dan transparan .
XS
SM
MD
LG