Tautan-tautan Akses

Parlemen Perancis Bahas RUU Pengawasan Kontroversial


Seorang pengunjuk rasa di Paris mengangkat kertas protes menentang RUU pengawasan luas terhadap pelaku teror, sehari sebelum pemungutan suara di parlemen Perancis (4/5).

Seorang pengunjuk rasa di Paris mengangkat kertas protes menentang RUU pengawasan luas terhadap pelaku teror, sehari sebelum pemungutan suara di parlemen Perancis (4/5).

RUU yang diajukan ke parlemen Perancis hari Selasa (5/5) tersebut, telah diusulkan jauh sebelum terjadi serangan bulan Januari yang dilancarkan oleh sekelompok ekstremis Muslim.

Parlemen Perancis akan mengadakan pemungutan suara terhadap sebuah RUU, yang bertujuan melegalkan pengawasan luas terhadap para tersangka pelaku teror. Ini telah mendatangkan protes keras pendukung hak privasi dan para aktivis lain.

Salah satu langkah paling sensitif dari RUU itu akan memungkinkan dinas intelijen mengumpulkan metadata, yang kemudian akan menganalisa perilaku yang berpotensi mencurigakan.

Metadata adalah seperangkat data yang mendiskripisikan dan menginformasikan data lainnya. Metadata tadi akan tetap dirahasiakan, tetapi agen-agen intelijen bisa menindaklanjuti dengan meminta sebuah panel independen mengawasinya secara lebih seksama, yang bisa mengungkapkan identitas pengguna.

RUU yang diajukan ke parlemen hari Selasa (5/5) itu, telah diusulkan jauh sebelum terjadi serangan bulan Januari yang dilancarkan oleh sekelompok ekstremis Muslim. Tetapi pihak sponsor RUU mengatakan, dibutuhkan waktu lama dan keharusan yang mendesak untuk orang menjadi radikal.

Para penentang mengatakan RUU itu melegalkan metode pengawasan yang sangat merugikan, tanpa menjamin kebebasan dan privasi individu.

XS
SM
MD
LG