Tautan-tautan Akses

Parlemen Jerman Setujui Paket Dana Talangan Yunani


Kaselir Jerman, Angela Merkel bersiap untuk memberikan suara dalam sesi pemungutan suara di parlemen Jerman terkait dana talangan Yunani.

Kaselir Jerman, Angela Merkel bersiap untuk memberikan suara dalam sesi pemungutan suara di parlemen Jerman terkait dana talangan Yunani.

Parlemen Jerman hari Rabu (19/8) secara meyakinkan telah menyetujui paket dana talangan 95 miliar dolar bagi Yunani.

Parlemen Jerman secara meyakinkan telah menyetujui paket dana talangan 95 miliar dolar bagi Yunani, sebuah langkah yang akan membantu Yunani memenuhi tenggat waktu pembayaran utangnya kepada para kreditor internasional.

Jerman adalah kontributor dana talangan terbesar Yunani sehingga harus menyetujui kesepakatan terlebih dahulu sebelum paket itu bisa dikucurkan.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schnaeuble mengatakan kepada parlemen sebelumnya bahwa menyetujui dana talangan itu merupakan tindakan bertanggungjawab demi kebaikan Yunani dan demi Uni Eropa.

Hari Jumat, para menteri keuangan zona euro menyetujui pengucuran pertama sebesar 29 miliar dolar paket dana talangan itu setelah parlemen Yunani menyetujui paket itu sebelumnya pada hari yang sama.

Ketua kelompok negara-negara zona euro, Jeroen Djisselbloem mengatakan bahwa ada perbedaan pendapat di kalangan menteri luar negeri zona euro, namun mereka berhasil mengatasinya.

Yunani memerlukan dana dari para kreditor internasional sebelum tanggal 20 Agustus, ketika negara itu harus membayar utangnya sebesar 3,5 miliar dolar kepada Bank Sentral Eropa.

Keputusan zona euro itu menyelamatkan Yunani dari kegagalan membayar utang dan membantu negara itu terhindar dari keharusan mundur dari kelompok negara pengguna mata uang euro.

XS
SM
MD
LG