Tautan-tautan Akses

Parlemen Iran Tolak Calon Menteri yang Diajukan Presiden Rouhani


Suasana sidang parlemen Iran (Foto: dok).

Suasana sidang parlemen Iran (Foto: dok).

Parlemen Iran telah menolak calon yang diajukan Presiden Hassan Rouhani untuk jabatan menteri sains, Fakhroddin Ahamadi Danesh Ashtiani, karena kecenderungannya yang pro-reformasi.

Golongan konservatif mendominasi lembaga pemerintah yang beranggotakan290 orang itu, hari Selasa (18/11), memberi suara 171-70 menentang pencalonan Fakhroddin Ahamadi Danesh Ashtiani. Terdapat 257 anggota yang memberi suara mereka dan 16 anggota abstain.

Pemungutan suara tersebut mengisyaratkan kian renggangnya hubungan antara presiden yang moderat itu dan para penentangnya yang berhaluan keras di parlemen.

Mereka gusar atas keputusan Rouhani yang memberi peluang kepada suara-suara pro-barat dan kaum reformis di universitas-universitas.

Bulan Oktober lalu, parlemen menolak Mahmoud Nili Ahmadabadi, seorang calon lain bagi jabatan yang sama. Lembaga yang sama menolak mantan Menteri Sains Reza Faraji Dana dalam bulan Agustus dengan alasan yang sama.

Fakhroddin Ahamadi Danesh Ashtiani, calon terbaru yang ditolak, pernah bekerja sebagai deputi menteri sains dari tahun 1997 hingga 2003 di bawah pemerintahan tokoh reformis, Presiden Mohammad Khatami.

XS
SM
MD
LG