Tautan-tautan Akses

Parlemen Baru Somalia Mulai Bersidang Hari Senin


Gedung parlemen Somalia di Mogadishu (foto: dok). Para anggota parlemen baru Somalia mulai bersidang hari Senin (20/8).

Gedung parlemen Somalia di Mogadishu (foto: dok). Para anggota parlemen baru Somalia mulai bersidang hari Senin (20/8).

Somalia gagal memenuhi tenggat hari Senin untuk memilih ketua parlemen dan presiden baru yang ditetapkan untuk mengakhiri pemerintah transisi.

Parlemen baru Somalia mulai bersidang hari Senin, sementara negara itu bergerak kian mendekati selesainya rencana rumit untuk membentuk pemerintah permanen yang stabil

Sebuah komisi seleksi baru memilih sekitar 225 legistator untuk badan yang terdiri dari 275 kursi itu, tetapi menurut para pejabat, itu memenuhi syarat bagi parlemen untuk bersidang.

Dalam wawancara dengan VOA, Menteri Konstitusi dan Rekonsiliasi Abirahman Hosh Jibril mengatakan, para legislator akan memilih ketua dan wakil parlemen selambat-lambatnya tanggal 27 Agustus, dan presiden baru awal bulan depan.

Somalia gagal memenuhi tenggat hari Senin untuk memilih ketua parlemen dan presiden baru, yang ditetapkan peta jalan yang didukung PBB untuk mengakhiri pemerintah transisi.

Para pejabat PBB dan mitra-mitra internasional hari Senin mengeluarkan pernyataan bersama yang isinya mengatakan, Somalia memiliki peluang lebih besar bagi perdamaian dan stabilitas, yang tidak pernah ada sebelumnya.
XS
SM
MD
LG