Tautan-tautan Akses

AS

Parlemen AS Loloskan Resolusi Desak Pembebasan Warga AS di Iran


Jason Rezaian, warga AS keturunan Iran, koresponden Washington Post dan istrinya Yeganeh Salehi di Teheran, Iran, 11 April 2013 (Foto: dok).

Jason Rezaian, warga AS keturunan Iran, koresponden Washington Post dan istrinya Yeganeh Salehi di Teheran, Iran, 11 April 2013 (Foto: dok).

Para anggota parlemen AS telah meloloskan sebuah resolusi yang meminta pemerintah Iran membebaskan tiga orang warga Amerika yang ditahan di negara itu.

Resolusi tidak mengikat tersebut, yang diloloskan Senin (15/6) melalui pemungutan suara dengan perolehan 391-0, mendesak Teheran untuk membebaskan wartawan Washington Post Jason Rezaian, Pastur Saeed Abedini dan Amir Hekmati.

Rezaian ditangkap tahun lalu dan sedang dalam proses peradilan atas tuduhan melakukan kegiatan sebagai mata-mata. Abedini, ditahan sejak 2012 atas tuduhan memimpin kebaktian untuk umat Kristen. Hekmati, pensiunan marinir AS yang ditangkap tahun 2011 saat mengunjugi neneknya, telah dijatuhi hukuman mati atas tuduhan melakukan spionase. Hukuman bagi Hekmati sudah dikurangi menjadi penjara 10 tahun.

Resolusi tersebut juga meminta Iran untuk memberikan informasi tentang keberadaan mantan agen FBI Robert Levinson, yang hilang di Iran pada tahun 2007.

Para anggota Kongres mendesak Iran untuk membebaskan warga Amerika sementara tenggat waktu 30 Juni semakin dekat bagi negara Islam tersebut untuk mencapai kesepakatan dengan Amerika dan lima negara lainnya terkait program nuklirnya.

XS
SM
MD
LG