Tautan-tautan Akses

Parlemen akan Selidiki Sepakbola Inggris


Gedung Parlemen Inggris, The Palace of Westminster.

Gedung Parlemen Inggris, The Palace of Westminster.

Tingginya hutang klub-klub Liga Utama menyebabkan parlemen Inggris ingin menyelidiki keempat asosiasi sepakbola negara itu.

Parlemen Inggris akan menyelidiki sepakbola negara itu karena resah dengan tingginya hutang klub-klub Liga Utama dan masalah kepemilikan klub Manchester United dan Liverpool.

Komisi Kebudayaan, Media, dan Olahraga Majelis Rendah akan memeriksa struktur keempat asosiasi sepakbola Inggris untuk meninjau apakah klub-klub itu harus menghadapi intervensi pemerintah. Isu kunci adalah komisi itu akan mempertimbangkan apakah ada banyak hutang dalam olahraga itu.

Manchester United, yang bebas hutang sebelum diambil-alih keluarga Glazer asal Amerika tahun 2005, kini memiliki hutang lebih dari 788 juta dolar.

Liverpool harus melewati perjuangan pahit di pengadilan Oktober lalu untuk memaksa mantan pemiliknya menyerahkan juara 18 kali itu, setelah klub itu terbelit hutang lewat pembelian dengan pinjaman.

Liga Utama menyambut penyelidikan itu yang akan dilakukan awal tahun 2011 dan berencana menggunakan bukti-bukti tersebut untuk membantu liga “mengenali tantangan-tantangan yang dihadapi persepakbolaan negara itu.”

XS
SM
MD
LG