Tautan-tautan Akses

Parlemen Afghanistan Setujui Kesepakatan dengan AS, NATO


Presiden Barack Obama

Presiden Barack Obama

Majelis rendah parlemen Afghanistan telah menyetujui kesepakatan dengan Amerika dan NATO yang memungkinkan pasukan internasional tetap berada di negara itu setelah akhir tahun ini,di tengah-tengah maraknya serangan baru militan Taliban.

Kesepakatan hari Minggu (23/11) itu dicapai setelah para pejabat pemerintah Amerika mengatakan Presiden Barack Obama menyetujui sebuah ketentuan baru yang memperluas wewenang militer Amerika dalam menghadapi kelompok-kelompok militan.

Para pejabat itu, yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan nama mereka, mengatakan kepada media keputusan presiden itu mengizinkan tentara Amerika turun ke lapangan melawan Taliban jika militan itu mengancam pasukan Amerika dan koalisi. Keputusan itu, katanya, juga berlaku jika militan memberi bantuan langsung bagi al-Qaida.

Otorisasi baru untuk tahun 2015 itu juga berarti Amerika bisa melakukan serangan udara untuk membantu tentara Afghanistan jika diperlukan.

Presiden Obama sebelumnya mengatakan misi Amerika di Afghanistan tahun depan hanya untuk melatih pasukan Afghanistan dan operasi kontra-terorisme melawan al-Qaida.

XS
SM
MD
LG