Tautan-tautan Akses

Para Tahanan Anggota Boko Haram Lawan Pengawal, 21 Tewas


Peta wilayah Nigeria.

Peta wilayah Nigeria.

Para tahanan yang dicurigai anggota kelompok militan Islamis, Boko Haram, menaklukkan pengawal di markas besar polisi rahasia Nigeria di Abuja hari Minggu (30/3)

Sedikitnya 21 orang tewas dalam bentrokan selama satu jam, saat para tahanan yang dicurigai anggota kelompok militan Boko Haram menyerang pengawal di markas besar polisi rahasia di Abuja, Nigeria, Minggu (30/3).

Para pejabat keamanan mengatakan insiden itu mulai ketika seorang pengawal pergi untuk memberi makan para tahanan. Mereka mengatakan seorang dari tersangka berusaha menaklukkan pengawal itu dengan memukulnya pada kepalanya dengan menggunakan belenggunya. Para pengawal lain menanggapinya dengan melepaskan tembakan. Belum diketahui berapa banyak yang tewas, baik dari para tahanan atau petugas keamanan.

Pembobolan tahanan oleh kaum Islamis di Nigeria biasa terjadi. Dua minggu lalu, militan Boko Haram menyerang tangsi utama militer Nigeria di timur-laut, membebaskan puluhan tahanan. Sebagian besar dilaporkan tewas ketika berusaha meloloskan diri.

Pemberontakan Boko Haram telah berkobar sejak tahun 2009 dan diyakini telah menjatuhkan ribuan korban jiwa.
XS
SM
MD
LG