Tautan-tautan Akses

AS

Para Selebriti AS Minta Obama Ubah Kebijakan Narkoba dan Penjara


Taipan industri musik rap Russell Simmons. (Foto: Dan Steinberg/Invision/AP)

Taipan industri musik rap Russell Simmons. (Foto: Dan Steinberg/Invision/AP)

Lebih dari 100 orang selebriti di AS meminta Presiden Barack Obama mereformasi kebijakan hukuman penjara untuk kasus narkoba.

Rapper Lil Wayne, sutradara Ron Howard, aktris Scarlett Johansson dan bintang program televisi realitas Kim Kardashian ada di pihak yang sama dalam hal reformasi hukuman pidana.

Mereka termasuk dalam kelompok lebih dari 100 selebriti yang mendesak Presiden AS Barack Obama untuk fokus dalam mengubah undang-undang narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba). Taipan musik rap Russell Simmons membantu membentuk koalisi selebriti dan pemimpin gerakan hak-hak sipil yang mengirim surat kepada Obama Selasa (9/4).

Kelompok tersebut memuji upaya presiden dalam reformasi penahanan dalam kasus narkoba, namun bersikeras bahwa “waktunya tepat” untuk maju menggantikan hukuman penjara dengan intervensi dan rehabilitasi untuk pelanggar non-kekerasan.

Kelompok penuh bintang ini, yang juga termasuk penyanyi Jennifer Hudson dan Nicki Minaj, aktris Susan Sarandon dan aktor Will Smith, juga meminta Obama membentuk panel untuk mengurus permintaan grasi dan mendukung upaya yang mengizinkan para hakim untuk menghapuskan hukuman minimum wajib.

“Adalah penting untuk mengubah sudut pandang mengenai undang-undang narkoba di negara ini dan bagaimana kita membuat solusi-solusi positif yang menghasilkan dampak panjang dalam membangun kembali komunitas-komunitas kita,” ujar Simmons, sambil mengutip data Departemen Kehakiman yang menunjukkan bahwa pemerintah Amerika Serikat memenjarakan lebih banyak warganya dibandingkan negara manapun di dunia.

Pelanggar UU narkoba mencapai hampir setengah populasi penjara federal di AS. (AP)
XS
SM
MD
LG