Tautan-tautan Akses

Para Pengagum dan Pesaing Apple Kenang Steve Jobs


Tulisan di kaca sebuah gerai Apple di Santa Monica, California ditulis dengan lipstik oleh penggemar sebagai ekspresi kecintaan terhadap almarhum Steve Jobs sesaat setelah kabar kematiannya (5/10).

Tulisan di kaca sebuah gerai Apple di Santa Monica, California ditulis dengan lipstik oleh penggemar sebagai ekspresi kecintaan terhadap almarhum Steve Jobs sesaat setelah kabar kematiannya (5/10).

Kepergian Steve Jobs meninggalkan kenangan mendalam bagi para pengagum dan pesaing bisnisnya di seluruh dunia.

Para pesaing bisnis, pemimpin politik dan para pengagum semuanya menyatakan penghormatan kepada salah seorang pendiri perusahaan Apple, Steve Jobs, yang meninggal dunia hari Rabu setelah menderita kanker pankreas selama beberapa tahun.

Pimpinan Microsoft Bill Gates, saingan lama Jobs dan bekas mitra bisnis, mengatakan hari Rabu bahwa pengaruh Jobs pada dunia teknologi akan terasa “selama beberapa generasi mendatang.” Gates, pendukung awal komputer Macintosh, mengatakan bekerja dengan Jobs adalah “suatu kehormatan yang sangat besar.”

Kompetitor teknologi Samsung memuji “semangat pembaharuan” Jobs, dengan menyebutnya seorang “usahawan hebat.” Kedua raksasa teknologi itu terlibat dalam serangkaian gugatan hukum mengenai hak paten sejak bulan April.

Perusahaan Apple menggugat Samsung atas tuduhan menjiplak teknologi yang digunakan dalam iPhone dan iPad, yang sangat populer untuk membuat produk-produk mereka sendiri seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Dengan menyebut Jobs salah seorang pembaharu terhebat Amerika, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, “Barangkali tidak ada penghormatan lebih hebat kepada kesuksesan Steve, daripada kenyataan bahwa kebanyakan orang mengetahui tentang kematiannya melalui alat yang dia ciptakan.”

Raksasa teknologi Apple mengeluarkan pernyataan di situs webnya hari Rabu malam, dengan mengatakan bahwa perusahaan itu telah kehilangan seorang jenius yang kecerdasannya luar biasa, visioner dan kreatif, dan bahwa dunia telah kehilangan seorang yang mengagumkan.

Pernyataan perusahaan Apple itu mengatakan, “Mereka di antara kita yang cukup beruntung mengetahui dan bekerja bersama Steve, telah kehilangan sahabat yang terhormat dan disayangi, dan (kehilangan) penasihat yang memberikan inspirasi. Apple juga menyebut bahwa semangat Steve Jobs akan selalu menjadi landasan bagi perusahaan Apple selamanya.

XS
SM
MD
LG