Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Uni Eropa Tidak Sepakat Soal Ketua Komisi Berikutnya


PM Inggris David Cameron tiba di lokasi KTT para pemimpin negara-negara Uni Eropa di Brussels (27/6).

PM Inggris David Cameron tiba di lokasi KTT para pemimpin negara-negara Uni Eropa di Brussels (27/6).

Penolakan PM Inggris David Cameron memperkuat kekhawatiran bahwa Inggris, yang masih menggunakan mata uang sendiri bukan euro, dapat memilih untuk meninggalkan Uni Eropa.

Para kepala negara Uni Eropa berada di Brussels untuk menghadiri pertemuan puncak dua hari di mana mereka diperkirakan akan memilih ketua baru Komisi Eropa, badan eksekutif organisasi itu .

Jean-Claude Juncker, mantan perdana menteri Luxembourg, secara luas diperkirakan akan dikukuhkan sebagai ketua komisi berikutnya.

Namun Perdana Menteri Inggris David Cameron menentang kemungkinan kepemimpinan Juncker itu, sebagai ketua komisi, dengan mengatakan hari Jumat bahwa ia "bukan orang yang tepat untuk membawa organisasi ini ke depan." Meskipun memiliki beberapa sekutu tentang masalah ini, Cameron mengatakan Juncker tidak memiliki keinginan dan sumber daya untuk melaksanakan reformasi.

Tentangan Cameron memperkuat kekhawatiran bahwa Inggris, yang masih menggunakan mata uang sendiri bukan euro, bisa memilih untuk meninggalkan Uni Eropa.

Hari Kamis, banyak kepala negara Uni Eropa berkumpul di Ypres, Belgia, untuk memperingati satu abad sejak Perang Dunia Pertama mulai terjadi. Upacara di tugu Menin Gate itu terjadi hanya dua hari sebelum peringatan 100 tahun pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand di Sarajevo.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG