Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Partai Yunani Bentuk Pemerintah Koalisi


Pemimpin partai Demokrasi Baru, Antonis Samaras (kiri) dan pemimpin partai Socialis PASOK, Evangelos Venizelos di Parlemen Yunani, Athena (18/6).

Pemimpin partai Demokrasi Baru, Antonis Samaras (kiri) dan pemimpin partai Socialis PASOK, Evangelos Venizelos di Parlemen Yunani, Athena (18/6).

Para pemimpin partai Yunani mengadakan pembicaraan hari kedua yang bertujuan untuk membentuk pemerintah koalisi.

Presiden Yunani telah memberi waktu kepada ketua partai Demokrasi Baru yang konservatif, Antonis Samaras, sampai hari Rabu untuk membentuk pemerintah koalisi, setelah partainya memenangkan sebagian besar kursi dalam pemilu parlemen hari Minggu.

Samaras bertemu hari Senin dengan pemimpin partai PASOK Evangelos Venizelos, yang mengatakan koalisi harus dibentuk hari Selasa ini. PASOK meraih kedudukan ke-3 dalam pemilu, tetapi bergabung dengan Demokrasi Baru dalam dukungannya terhadap dana talangan internasional untuk Yunani.

Partai Demokrat Kiri, yang menentang dana talangan, barangkali juga akan bergabung dengan koalisi. Venizelos bertemu dengan pemimpin partai itu hari Selasa di Athena untuk melakukan pembicaraan yang disebutnya positif.

Partai Syriza, partai kiri radikal yang menentang dana talangan menolak untuk turut dalam koalisi. Pemimpin partai Alexis Tsipras mengatakan Yunani perlu mempunyai oposisi yang kuat dan mengatakan sejarah akan membuktikan bahwa dana talangan dan pemotongan tajam anggarannya adalah salah bagi Yunani.
XS
SM
MD
LG