Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Janjikan Bantuan Miliaran Dolar untuk Pengungsi Suriah


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kanan) dan Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond berbicara kepada media di sela-sela Konferensi untuk Suriah di London, 4 Februari 2016.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kanan) dan Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond berbicara kepada media di sela-sela Konferensi untuk Suriah di London, 4 Februari 2016.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah menjanjikan hampir 1 miliar dolar bantuan baru Amerika untuk pengungsi Suriah pada suatu konferensi donor internasional. Kerry juga meminta pemerintah Suriah dan Rusia agar menghentikan serangan terhadap daerah-daerah yang dikuasai pemberontak agar bantuan kemanusiaan dapat dikirimkan.

Konferensi para donor itu dibuka hari Kamis di London. Negara-negara Uni Eropa menjanjikan lebih dari tiga miliar dolar untuk membantu orang-orang di Suriah serta di Yordania, Lebanon, dan Turki, negara-negara tetangga yang terimbas pengungsian besar-besaran warga yang melarikan diri untuk menghindari pertempuran.

Kerry menyebut acara ini sebagai "dialog penting," seraya menyebut penanganan krisis politik dan kemanusiaan Suriah merupakan suatu kewajiban moral. Ia mengatakan Amerika menyediakan tambahan 601 juta dolar untuk membantu rakyat Suriah plus 290 juta dolar bantuan pembangunan yang ditujukan khusus untuk pendidikan bagi anak-anak pengungsi di Yordania dan Lebanon.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan ada kekurangan sangat banyak dalam bantuan kemanusiaan yang menurutnya menghambat upaya-upaya kemanusiaan masyarakat internasional.

Mendesaknya bantuan itu dipicu oleh krisis migran di mana satu juta orang, kebanyakan dari Suriah, bergerak memasuki Eropa Barat tahun lalu. Menurut perkiraan, jumlah itu akan membengkak menjadi empat juta orang tahun ini. [uh]

XS
SM
MD
LG