Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia di KTT G-20 Masih Beda Pendapat Terkait Suriah


Suasana konferensi meja bundar pertemuan puncak G-20 di Istana Constantine, St. Petersburg, Rusia (5/9).

Suasana konferensi meja bundar pertemuan puncak G-20 di Istana Constantine, St. Petersburg, Rusia (5/9).

Para pemimpin dunia yang berkumpul di Rusia, masih berbeda pendapat terkait kemungkinan serangan militer Amerika di Suriah, di hari terakhir KTT G-20.

Para diplomat mengatakan acara jamuan makan malam yang diselenggarakan Presiden Rusia Vladimir Putin, gagal menyelesaikan perbedaan terkait cara mengakhiri konflik di Suriah.

Presiden Amerika Barack Obama berusaha menggalang dukungan internasional bagi tindakan militer untuk menghukum pemerintah Suriah karena dugaan melangsungkan serangan dengan senjata kimia bulan lalu.

Obama, Jumat (6/9), bertemu, Presiden China Xi Jinping, yang menentang serangan tersebut. China dan sekutu utama Suriah, Rusia, telah menentang sejumlah resolusi Dewan Keamanan yang mungkin dapat menekan pemerintah President Bashar al-Assad.

Rusia mengatakan tidak ada bukti Assad melangsungkan serangan bulan Agustus di kawasan pinggiran Damaskus yang dikuasai pemberontak dan menewaskan ratusan orang itu.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon memperingatkan para pemimpin dunia bahwa ia menentang apa yang disebutnya serangan militer terhadap Suriah “yang tidak dipikirkan matang-matang” karena itu bisa memperburuk ketegangan antar kelompok di negara itu.
XS
SM
MD
LG