Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Afrika Kecam Penggunaan Bom Rumpun


Bom rumpun atau cluster bom, jenis senjata yang menebar banyak bom kecil di daerah yang luas. (Foto: Dok)

Bom rumpun atau cluster bom, jenis senjata yang menebar banyak bom kecil di daerah yang luas. (Foto: Dok)

Para pemimpin negara-negara Afrika megecam berlanjutnya penggunaan bom rumpun yang telah menjatuhkan banyak korban, terutama anak-anak.

Sebanyak 36 negara Afrika secara resmi mengecam penggunaan bom rumpun dan mendesak seluruh negara di Afrika agar bergabung dalam pelarangan global senjata mematikan itu.

Para delegasi konferensi negara-negara Afrika di Lome, Togo, mengatakan sangat prihatin pada berlanjutnya penggunaan bom rumpun dan bertambahnya jumlah korban termasuk perempuan dan anak-anak.

Para delegasi mengatakan 14 negara Afrika memiliki masalah bom rumpun, termasuk bom rumpun yang belum meledak. Mereka mengatakan bom-bom tersebut terakhir digunakan tahun lalu di Sudan Selatan.

Para delegasi mendesak pemerintah 12 negara Afrika yang belum bergabung dalam Konvensi Senjata Rumpun global, untuk menandatangani perjanjian itu.

Bom rumpun adalah jenis senjata yang menebar banyak bom kecil di daerah yang luas. Bom-bom kecil seringkali gagal meledak dan menarik perhatian anak-anak yang mengiranya mainan. Para petani yang bekerja di lahan mereka kerap cedera karena bom-bom itu.
XS
SM
MD
LG