Tautan-tautan Akses

Para Pemain Bisnis 'Streaming' Musik: Tidal, Spotify, Sampai Pandora

  • Associated Press

Earphone menggantung di depan logo layanan aliran musik Internet, Spotify.

Earphone menggantung di depan logo layanan aliran musik Internet, Spotify.

Layanan musik di Internet eksplosif dan telah menjadi cara utama bagi banyak orang untuk menikmati dan mendapatkan musik.

Sejak Apple mengguncang dunia musik dengan iTunes lebih dari 10 tahun lalu, musik daring telah meledak dan menjadi cara utama bagi banyak orang untuk menikmati dan mendapatkan musik.

Layanan-layanan Internet seperti Pandora dan Spotify memiliki jutaan pengguna. Sekarang sejumlah musisi terkenal ada di belakang apa yang mereka sebut layanan streaming (aliran/penyiaran) musik pertama yang dimiliki artis.

Tidal bukan layanan baru, tapi mendapatkan suntikan dana dari rapper Jay-Z, yang membeli perusahaan Skandinavia di belakangnya, Aspiro. Madonna, Rihanna dan Beyonce termasuk pemilik. Hal ini luar biasa karena banyak artis mengeluhkan kecilnya pembayaran yang mereka dapat dari layanan musik lain seperti Spotify. Sebagai pemilik, artis dapat bersikeras mendapatkan kontrak yang lebih baik.

Sekarang ada tiga cara utama untuk mendapatkan musik, dan banyak layanan menawarkan kombinasi berikut:

- Pembayaran per lagu.

- Mendengarkan secara tak terbatas. Dengan biaya langganan sekitar US$10 per bulan, Anda dapat mendengarkan lagu sebanyak apa pun di komputer, ponsel, tablet dan alat lainnya, tapi Anda tidak memiliki lagu itu.

- Radio Internet.

Layanan-layanan musik biasanya bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan rekaman. Namun Taylor Swift menarik lagu-lagunya dari Spotify tahun lalu karena ketidaksepakatan soal pembayaran. Semua lagunya, kecuali yang terbaru, sekarang ada di Tidal, Rdio dan Beats.

Berikut adalah para pemain di layanan streaming musik.​

SPOTIFY

Salah satu layanan musik paling populer, dengan 60 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dan seperempatnya merupakan pelanggan berbayar. Minggu ini, Spotify meluncurkan aplikasi untuk konsol permainan PlayStation milik Sony. Jadi musik dapat terdengar saat bermain PlayStation, tanpa kehilangan efek suara, misalnya. Spotify menawarkan pendengaran tak terbatas dan radio Internet. Ada layanan gratis atau biaya langganan $10 per bulan dapat memberikan layanan premium tanpa iklan dengan seleksi lagu dan pemutaran lagu tanpa perlu sambungan Internet.

PANDORA

Hanya menawarkan radio Internet. Memiliki lebih dari 81 juta pendengar aktif. Ada versi gratis atau biaya $5 per bulan untuk layanan premium bebas iklan dan kualitas audio yang lebih prima.

Kiri ke kanan: Usher, Rihanna, Nicki Minaj, Madonna, Deadmau5, Kanye West, JAY Z, dan J. Cole dalam peluncuran Tidal di New York (30/3).

Kiri ke kanan: Usher, Rihanna, Nicki Minaj, Madonna, Deadmau5, Kanye West, JAY Z, dan J. Cole dalam peluncuran Tidal di New York (30/3).

TIDAL

Bisa didengarkan tanpa batas. Memberikan layanan suara 'high-fidelity' atau berkualitas tinggi, video musik dan daftar lagu dari para ahli. Biaya $10-$20 per bulan. Tidak ada layanan gratis.

APPLE

Bayar per lagu untuk mengunduh dan memiliki lagu selamanya lewat iTunes. Radio Internet gratis melalui iTunes Radio di perangkat Apple. Juga memiliki Beats Music, yang menawarkan layanan mendengarkan musik tak terbatas untuk $10 per bulan, tanpa ada versi gratis, dengan daftar musik yang dikurasi ahli, bukan komputer.

GOOGLE

Bayar per lagu melalui Google Play dengan biaya $10 per bulan, tanpa ada versi gratis. Google juga menawarkan YouTube Music Key untuk video musik terseleksi, bebas iklan.

​AMAZON

Pembayaran per lagu. Keanggotaan Prime berbiaya $99 per tahun memberikan musik tak terbatas, meski seleksi lagunya tidak sebanyak para pesaingnya.

SAMSUNG MILK MUSIC

Menawarkan radio Internet bebas seperti Pandora dan yang lainnya, namun mencoba lebih memudahkan pencarian musik untuk menyesuaikan dengan keinginan hati pengguna. Awalnya eksklusif untuk TV dan perangkat seluler Samsung lainnya, namun sekarang ada alat Web untuk komputer pribadi.

XS
SM
MD
LG