Tautan-tautan Akses

AS

Para Pejabat Tinggi AS, China Tekankan Kerjasama


Menteri Luar Negeri John Kerry (kiri) dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan kerjasama AS-China di Beijing (9/7).

Menteri Luar Negeri John Kerry (kiri) dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan kerjasama AS-China di Beijing (9/7).

Dalam upacara pembukaan, Presiden China Xi Jinping mengatakan konfrontasi antara Amerika dan China pasti akan menjadi bencana.

Para pejabat tinggi China dan Amerika Serikat menekankan kerjasama sementara mereka memulai pembicaraan tahunan selama dua hari di Beijing, Rabu (9/7).

Pada upacara pembukaan, Presiden China Xi Jinping mengatakan konfrontasi antara Amerika dan China pasti akan menjadi bencana.

Nada serupa juga dikemukakan oleh Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Keuangan Jack Lew, yang memimpin delegasi Amerika.

Kerry mengatakan Amerika Serikat tidak berusaha membendung China, tetapi berharap China menjadi damai, stabil dan makmur dan menyumbang untuk stabilitas kawasannya.

Ucapan terbuka yang demikian ramah sudah biasa dilakukan dalam pembicaraan tahunan itu. Tetapi, dalam pertemuan tertutup, kedua pihak memilih membicarakan masalah-masalah yang peka yang telah menantang hubungan bilateral.

XS
SM
MD
LG