Tautan-tautan Akses

AS

Para Pejabat Intelijen Rekomendasikan Direktur NSA


Direktur NSA Michael Rogers berbicara pada KTT Intelijens dan Keamanan Nasional ketiga di Washington, D.C., 8 September 2016.

Direktur NSA Michael Rogers berbicara pada KTT Intelijens dan Keamanan Nasional ketiga di Washington, D.C., 8 September 2016.

Para pejabat teras militer dan pimpinan intelijen Amerika menginginkan Presiden Barack Obama memecat kepala Keamanan Nasional, sebut harian The Washington Post, Sabtu (19/11).

Harian itu adalah media pertama yang melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Ash Carter dan Direktur Intelijen Nasional James Clapper mengajukan rekomendasi bulan lalu kepada Gedung Putih untuk memecat Laksamana Michael Rogers, Direktur Badan Keamanan Nasional (NSA) dan Komando Dunia Maya militer Amerika.

Alasan Carter dan Clapper mendesakkan pemecatan itu belum diketahui. Ketua Komite Intelijen DPR Amerika Devin Nunes telah meminta kedua orang itu memberi kesaksian di hadapan komite tersebut mengenai permintaan mereka sebelum akhir tahun ini.

Presiden terpilih Donald Trump, yang sedang mempertimbangkan Rogers untuk mendapat jabatan dalam bidang intelijens dalam pemerintahannya, mewawancarai Rogers Kamis lalu. Para pejabat pemerintah dilaporkan terkejut dengan pertemuan itu pada waktu Gedung Putih mungkin sedang mempertimbangkan pemecatan Rogers.

Obama mengangkat Rogers sebagai pemimpin NSA pada tahun 2014 setelah kebocoran keamanan besar-besaran yang dilakukan kontraktor NSA Edward Snowden. Sejak itu semakin banyak kebocoran keamanan lainnya. Biro Investigasi Federal (FBI) pada Agustus lalu menangkap kontraktor NSA Harold Martin, yang dilaporkan telah mencuri cukup banyak materi rahasia yang bisa dimuat oleh 200 komputer. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG