Tautan-tautan Akses

Para Pakar Diberi 10 Hari untuk Redakan Krisis Italia


Presiden Italia Giorgio Napolitano mengangkat para pakar untuk mengatasi kebuntuan politik di Italia (foto: dok).

Presiden Italia Giorgio Napolitano mengangkat para pakar untuk mengatasi kebuntuan politik di Italia (foto: dok).

Presiden Italia memberi para pakar waktu 8-10 hari untuk mengidentifikasi masalah-masalah serius dalam krisis politik yang dihadapi Italia.

Presiden Italia Giorgio Napolitano mengatakan para pakar yang ia angkat untuk membantu negara itu mengatasi kebuntuan politik diberi waktu delapan hingga 10 hari untuk mengidentifikasi masalah-masalah serius yang dihadapi negara dan membantu memperbaikinya.

Para pakar bertemu untuk pertama kalinya pada hari Selasa.

Napolitano mengatakan para pakar tidak akan mencari kandidat-kandidat untuk pemerintah yang baru, melainkan menciptakan kondisi yang lebih mendukung untuk membentuk pemerintahan baru. Napolitano tidak merinci pernyataannya itu.

Pekan lalu, pemimpin partai tengah-kiri yang cukup sukses dalam beberapa pemilu belakangan ini gagal membentuk pemerintahan.

Parlemen kemungkinan besar akan memilih presiden baru sebelum mengukuhkan perdana menteri baru. Masa jabatan Napolitano berakhir pada 15 Mei. Pemungutan suara untuk menentukan penggantinya diperkirakan berlangsung akhir bulan ini.

Presiden mengakui bahwa “kekakuan” di kalangan kekuatan-kekuatan politik utama membuatnya kesulitan melakukan manuver politik.
XS
SM
MD
LG