Tautan-tautan Akses

Para Menteri Utama Israel Perdebatkan Krisis dalam Perundingan dengan Palestina


PM Israel Benjamin Netanyahu sedang melaksanakan pertemuan dengan para menteri utamanya

PM Israel Benjamin Netanyahu sedang melaksanakan pertemuan dengan para menteri utamanya

Para pejabat akan membahas proposal untuk memperpanjang moratorium pembangunan permukiman di Tepi Barat selama 60 hari.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sedang melaksanakan pertemuan dengan para menteri utamanya Selasa ini. Laporan-laporan berita lokal menyebutkan para pejabat akan membahas sebuah proposal untuk memperpanjang moratorium pembangunan permukiman di Tepi Barat selama 60 hari.

Rencana tersebut akan dapat membantu Israel menghindari kemacetan perundingan perdamaian dengan pihak Palestina yang dimulai bulan lalu.

Partai Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah mendesak Abbas agar tidak melanjutkan perundingan perdamaian, jika Israel tidak kembali membekukan pembangunan permukiman Yahudi yang telah dimulai kembali di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Israel telah memberlakukan moratorium selama 10 bulan yang berakhir pada tanggal 26 September, menyebutnya sebagai tindakan sekali saja untuk mendorong pihak Palestina memasuki perundingan. Pemerintahan Obama telah menyerukan agar Israel memperpanjang moratorium.

Laporan media Israel menyebutkan bahwa para pejabat sedang mempertimbangkan memperpanjang moratorium sebagai imbalan jaminan keamanan dan lain-lainnya dari pihak AS.

XS
SM
MD
LG