Tautan-tautan Akses

Para Menteri Uni Eropa Usulkan Serbia Jadi Anggota UE


Presiden Serbia Boris Tadic (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso. Barroso memuji Serbia dalam pertemuan UE di Brussels (28/2).

Presiden Serbia Boris Tadic (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso. Barroso memuji Serbia dalam pertemuan UE di Brussels (28/2).

Menteri-menteri luar negeri Uni Eropa mengatakan Serbia seharusnya diberi kesempatan untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Para menteri mengeluarkan rekomendasi itu setelah bertemu di Brussels hari Selasa dengan mengatakan kemajuan Serbia dalam hubungannya dengan bekas provinsi pecahannya, Kosovo. Keputusan akhir diperkirakan akan dibuat pada konferensi pemimpin Uni Eropa akhir minggu ini.

Sebelum pertemuan itu, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso memuji Serbia tapi memperingatkan masih banyak yang harus dilakukan.

Meskipun ada kesepakatan umum atas calon keanggotaan Serbia, beberapa negara menyampaikan keprihatinan termasuk Romania yang ingin perlindungan lebih baik terhadap hak-hak kelompok etnis kecil warga Romania di Serbia.

Presiden Serbia Boris Tadic, hari Selasa membela negaranya mengatakan sudah melakukan apa saja yang diminta.

Serbia berharap untuk menjadi calon resmi anggota Uni Eropa akhir Desember tapi upayanya terhalang oleh Jerman yang mengutip ketegangan antara Serbia dan Kosovo.

Kosovo mengumumkan kemerdekaan tahun 2008 tapi Serbia menolak untuk mengakuinya sebagai negara terpisah.

XS
SM
MD
LG